27.2 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Mahasiswa di Manokwari Gelar Aksi Respons Gubernur Papua Ditetapkan Tersangka KPK

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Belasan mahasiswa mengatasnamakan solidaritas mahasiswa Papua menggelar aksi longmarch dengan titik kumpul di sekitar kampus Universitas Papua (Unipa), Selasa (20/9/2022).

    Massa menggelar aksi demo sebagai respons Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Dengan membawa spanduk mahasiswa menyatakan penahanan Lukas Enembe sebagai bentuk kriminalisasi.

    Baca juga:  Rayakan HUT Teluk Bintuni, CV Sugandi Qolbi Barokah Turunkan Harga Minyak Tanah

    Massa yang sempat berorasi akhirnya difasilitasi aparat keamanan menuju Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari.

    Aksi mendapat pengawalan ketat dari Polres Manokwari yang dipimpin langsung Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom.

    “Sekitar 100 personel disiapkan dalam pengamanan aksi demo ini dengan di-back up oleh Polda dan Kodam. Massa dalam surat pemberitahuan ke Polres memang penyampaian aspirasi berkaitan dengan Gubernur Papua,” ujar Gultom.

    Baca juga:  Didominasi 'Knalpot Bising', Polres Manokwari Limpahkan 112 Berkas Tilang

    Dikatakannya. karena tidak diperkenankan melakukan longmarch sehingga kepolisian membantu memfasilitasi kendaraan ke lokasi sasaran penyampaian aspirasi.

    “Ketika massa berkenan untuk difasilitasi kita bantu antarkan ke Kejaksaan Negeri biar lebih tertib juga jalur-jalur yang dilewati,” tambahnya.

    Baca juga:  Warga Blokade Perempatan Haji Bauw, Dipicu Aksi Pencabulan Anak di Bawah Umur

    Dalam orasinya, masa meminta KPK RI menjelaskan permasalahan hukum sehingga menahan orang nomor satu di Papua tersebut. Massa ditemui sejumlah pimpinan di Kejari Manokwari.

    Lukas Enembe sudah ditetapkan sebagai tersangka, tetapi KPK belum membeberkan secara resmi konstruksi perkaranya. Diduga ini terkait gratifikasi Rp1 miliar yang diterima Lukas Enembe. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....

    Pemprov PB Minta Persiapan Kedatangan Wamendagri dan Pangdam Kasuari Dimatangkan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta seluruh stakeholder mematangkan persiapan kedatangan Wakil Menteri...