29.4 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
29.4 C
Manokwari
More

    Pertemuan MRPB-Polres Mansel: Bahas Polri Jalur Otsus hingga Restorative Justice

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com – Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPB) melakukan audiensi ke Polres Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (15/6/2022). Sejumlah hal jadi pembahasan dalam pertemuan ini.

    Rombongan dipimpin langsung Ketua MRPB, Maxi Ahoren, didampingi pokja adat, yakni Soleman Sani, Matias Komedi, Abraham Ramar, dan Duwiri, serta pokja agama, Morin. Rombongan disambut Kapolres Mansel, AKBP Tolopan Simanjuntak.

    Kapolres juga melibatkan sejumlah perangkat untuk memberikan penjelasan teknis terkait hal-hal yang jadi bahasan pertemuan, yakni Kabag Ops, Kompol Yohanis N. Pabuntang, Kabag Sumda, AKP Heru Sundawan, Kasat Reskrim, Iptu Edward Pranajaya Purba, Kasat Intelkam, Iptu Antonius, dan Kasi Humas Ipda Fardy.

    Baca juga:  Permintaan Sekolah Pagi dan Siang, Kepsek SMAN 2 Manokwari: Gurunya dari Mana?

    Beberapa poin yang disampaikan MRPB di antaranya soal penerimaan anggota Polri jalur Otsus dan penanganan kasus di Polres Mansel.

    Baca juga:  Upaya Tingkatkan Ekspor, Mendag Zulhas dengan Menteri Ekonomi UEA Tanda Tangani Perjanjian IUAE–CEPA

    Selain itu, juga dibahas terkait pembinaan anak-anak asli Papua yang sudah menjadi anggota Polri agar tidak melakukan hal-hal melanggar hukum yang berujung pada pemecatan.

    MRPB juga meminta Polres Mansel agar senantiasa mengedepankan budaya dan adat dalam menyelesaikan kasus atau restorative justice. Permintaan ini diikuti bahwa hal ini bukan untuk mengintervensi kinerja aparat.

    Sebelum menjawab usulan itu, Kapolres Mansel mengaku sangat mengapresiasi kehadiran Ketua MRPB beserta rombongan di Polres Mansel. Ia yakin bahwa koordinasi dan silaturahmi dapat meningkatkan situasi aman dan kondusif.

    Baca juga:  Investasi Papua Barat tak capai target, serapan naker pun tak optimal

    Terkait usulan MRPB, untuk penanganan kasus secara umum, kata Kapolres, Polres Mansel selalu mengedepankan penyelesaian secara kekeluargaan. Pihaknya mengakui hampir tiap hari ada laporan yang masuk, tetapi senantiasa mempertimbangkan kultur budaya dan adat dalam penyelesaiannya. (LP6/Red)

    Latest articles

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06 Manokwari menggelar halal bi halal di halaman sekolah Jl Aru,...

    More like this

    Seleksi Terbuka 19 Jabatan Eselon II Pemprov Papua Barat Resmi Dibuka

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat resmi membuka pendaftaran seleksi terbuka calon pejabat eselon dua....

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...