26.7 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Dari Kunjungan Komisi IX DPR RI, BPOM Bicara Pengawasan Vaksin hingga UMKM

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari baru-baru ini menerima kunjungan Komisi IX DPR RI. Di hadapan Komisi IX, BPOM Manokwari memaparkan sejumlah capaian prioritas.

    “Dalam kunjungan tersebut kami memaparkan tentang proses pengawasan vaksin Covid-19. Sebagai instansi yang terkait, BPOM termasuk bertanggung jawab dalam pengawasan mutu dari vaksin tersebut agar kualitasnya tetap sesuai standar dan tidak rusak. Pengawasan yang dilakukan BPOM hingga vaksin itu diberikan kepada masyarakat,” ujar Kepala BPOM Manokwari Musthofa Anwari di kantornya pada Selasa (22/2/2022).

    Baca juga:  Dinilai tak Aspiratif, Wacana Dapil Baru Manokwari di Pileg 2024 Tuai Protes

    Dia menyampaikan, hingga saat ini belum ada dampak kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), namun pengawasan terus berlanjut.

    Selain itu, untuk pengawasan terhadap produk UMKM yang diajukan oleh masyarakat, BPOM Manokwari telah melakukan pendampingan. Terutama soal sertifikasi produk.

    Baca juga:  BPOM Manokwari Ajak Masyarakat Kampanye Pangan Aman

    “BPOM membantu dalam pendampingan masyarakat yang mengajukan sertifikasi produknya bahkan sampai ke perizinannya ke PTSP,” jelasnya.

    Beberapa pendampingan produk yang terealisasi di antaranya pembuatan balsem dari buah pala di Fakfak, produksi cokelat di Manokwari Selatan dan beberapa produk lainnya. Menurut Musthofa, proses pendampingan juga bagian dari edukasi.

    Baca juga:  Pemberdayaan Generasi Muda, BPOM Manokwari Gelar Pemilihan Duta Kosmetik Aman

    Musthofa menjelaskan, sebagai mitra dari Komisi IX DPR RI, BPOM juga memilki sejumlah program yang akan dilaksanakan ke depannya. Di antaranya komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) di beberapa kabupaten/kota di Papua Barat.

    “Ini salah satu program penting kita sebagai tugas dan fungsi dari BPOM,” imbuhnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang sedianya maju lewat jalur independen...

    More like this

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...

    3 Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Manokwari Berhasil Ditangkap

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Manokwari menangkap 3 orang yang diduga kuat...

    Pimpinan Ponpes Darussalam Bantah Soal Dukungan ke Salah Satu Bakal Calon Wakil Bupati 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pengasuh sekaligus pemimpin yayasan pondok pesantren (Ponpes) Darussalam Aimasi, SP 3 Prafi,...