27.2 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Pemkab Manokwari Tolak Bayar Lahan Ulayat Rumdis Wakil Ketua DPRD

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemkab Manokwari membantah klaim warga soal lahan rumah dinas Wakil Ketua 1 dan 2 DPRD sebagai hak ulayat. Pemda menyebut lahan itu sudah sah menjadi milik pemerintah.

    “Sebenarnya kalau sesuai aturan itu sudah menjadi milik pemda. Tetapi di sisi lain juga tetap mengedepankan sisi kemanusiaan. Sehingga akan ada pertemuan pada Jumat nanti dengan masyarakat pemilik hak ulayat. Ini sebagai solusi terbaik,” ujar Asisten I Pemkab Manokwari Wanto, Kamis (17/2/2022).

    Baca juga:  Jalan Trans Papua Barat Dibuka setelah Blokade Keluarga Korban Lakalantas Maut

    Wanto menjelaskan, lahan itu bukan lagi hak ulayat. Lahan tersebut sudah sah menjadi milik pemerintah berdasarkan hasil tukar guling.

    Adapun tuntutan warga yang meminta agar lahan tersebut dibayarkan, menurut Wanto, tidak akan dipenuhi. Pemda akan menggelar pertemuan dengan warga Jumat besok untuk menjelaskan status kepemilikan lahan itu.

    Baca juga:  Hadiri Ekspose SMKN 3 Manokwari, Bupati Hermus: Di Sini Kita Cetak Skill Hebat

    Seperti diketahui warga melakukan aksi protes dengan menyegel Kantor DPRD Manokwari sejak dua pekan lalu. Mereka menuntut pembayaran hak ulayat atas rumah dinas pimpinan DPRD di Sowi Gunung.

    Ditegaskan Wanto, setelah pertemuan dengan masyarakat besok, selanjutnya akan dilakukan pembukaan palang kantor DPRD.

    Baca juga:  Serahkan SK Tiga Marga, Kasihiw: Bukti Negara Melindungi Masyarakat Adat

    “Hari Jumat (besok) setelah pertemuan akan langsung dibuka. Intinya Pemda akan tetap mengacu pada aturan. Tidak ada alokasi anggaran untuk pembayaran itu, karena memang itu sudah menjadi milik pemda,” tambahnya.

    Dia menjelaskan, jika masyarakat keberatan dengan status lahan itu, bisa menempuh jalur hukum. Bukan dengan melakukan penyegelan kantor. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....

    Pemprov PB Minta Persiapan Kedatangan Wamendagri dan Pangdam Kasuari Dimatangkan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta seluruh stakeholder mematangkan persiapan kedatangan Wakil Menteri...