27.1 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Komisi A DPRD Manokwari Inisiasi Penyusunan Ranperda Kearsipan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Komisi A DPRD Manokwari menginisiasi penyusunan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang penyelenggaraan kearsipan pada 2021 ini.

    Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Ariyanto, mengatakan selama ini belum ada perangkat hukum yang mengatur kearsipan. “Di usia Manokwari yang lebih dari 100 tahun belum ada perangkat hukum yang mengatur tata kelola kearsipan sehingga itu menyebabkan kesemrawutan dokumen-dokumen daerah,” kata Masrawi, Rabu (13/10/2021).

    Baca juga:  Hermus Indou Berbuka Puasa Bersama Paguyuban Muslim Papua

    Dia pun berharap kehadiran payung hukum nanti bisa menjadikan arsip daerah bisa tertata dengan baik. “Sehingga dengan adanya raperda ini maka dokumen maupun arsip-arsip pemda dapat tertata secara baik sehingga dapat dipertanggungjawabkan ke generasi berikutnya,” imbuhnya.

    Baca juga:  DPRD Surati Bupati Manokwari, Minta KUA-PPAS 2022 Segera Disodor

    Dia mengatakan, arsip-arsip yang dimiliki itu juga meliputi aset-aset pemerintah daerah. Dengan belum terkelola secara baik, ada juga aset pemerintah daerah yang menghilang karena arsip atau dokumen tidak tersimpan dengan baik.

    Selain itu, pada era digitalisasi saat ini pihaknya akan berupaya agar pengelolaan arsip maupun dokumen berbasis digital. “Memang ada saran untuk penambahan pasal di raperda itu yang mengatur pengelolaan arsip berbasis digital. Ini juga perlu dilakukan karena saat ini dengan perkembangan zaman semua sistemnya digital,” jelasnya.

    Baca juga:  Usai Luncurkan PSBB, PSI Manokwari Bagi Takjil di Amban

    Dalam ranperda tersebut mengatur sejumlah hal, seperti pemeliharaan arsip, layanan kearsipan, sistem kearsipan daerah, dan lainnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hadiri Pelantikan Pengurus KKST Manokwari, Hermus Akui Eksistensinya  

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri pelantikan periode 2023-2028 dan Rapat Kerja (Raker) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Manokwari Minggu (19/5/2024) Sore di...

    More like this

    Hadiri Pelantikan Pengurus KKST Manokwari, Hermus Akui Eksistensinya  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri pelantikan periode 2023-2028 dan Rapat Kerja (Raker)...

    Setelah Dilantik, Anggota PPD se Manokwari Ikuti Orientasi Tugas

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se Manokwari mengikuti masa orientasi tugas yang...

    Petrus Kasihiw Komitmen Dampingi AFU di Pilgub Papua Barat Daya

    SORONG, LinkPapua.com - Petrus Kasihiw menyatakan komitmennya mendampingi Abdul Faris Umlati (AFU) sebagai bakal...