27.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Pengukuhan Korano Kampung Wonti, Gubernur: Mari Sama-Sama Bangun Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si. mengajak warga Kampung Wonti, Kabupaten Manokwari {bersatu membangun diri dan kelompok dalam segala aspek pembangunan.

    Itu disampaikan Gubernur saat hadir dalam pengukuhan Korano (Kepala) Kampung Wonti di rantau Manokwari yang berlangsung di Gedung Serbaguna Gereja Sion Sanggeng, Jumat (27/8/2021).

    Pengukuhan Korano Wonti menggusung tema, “Motaro Ni Korakio Nisowosio Kosaro” yang berarti, “Kami Kuat Karena Kami Bersatu”. Upacara pengukuhan Korano Wonti dipimpin langsung Ketua Ikatan Keluarga Besar Waropen di Manokwari, Dominggus Buiney.

    Baca juga:  Lewat Sepakbola, Gubernur Jalin Silaturahmi Dengan Jajaran Polda

    Dominggus dalam sambutannya mengapresiasi kepada keluarga besar Waropen, khususnya warga Kampung Wonti, yang selalu menjaga kekompakan dengan suku lainnya di Papua Barat. Pemerintah, kata dia, memberikan dukungan serta membuka ruang selebar-lebarnya kepada seluruh elemen membantu tugas pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

    “Warga Kampung Wonti harus kuat dan bersatu. Saya menyambut baik kegiatan pengukuhan Korano Wonti, dapat mewujudkan keluarga Waropen di Manokwari, tanah Arfak dan Papua Barat,” ujarnya.

    Baca juga:  Gubernur Dominggus Marahi Satpol PP: Sebenarnya Apa yang Kalian Kerjakan?

    Dominggus meminta agar seluruh warga Kampung Wonti bersatu dan berperan aktif mendukung pemerintah dalam menciptakan keamanan dan ketenteraman daerah.

    “Saya mengajak seluruh masyarakat agar memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” jelas mantan Bupati Manokwari ini.

    Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Waropen di Manokwari, Dominggus Buiney, menyampaikan agar warga Kampung Wonti tidak melupakan adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur. Seluruh warga Wonti, kata dia, juga harus mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

    Baca juga:  Nelayan Manokwari Ditemukan Meninggal Saat Melaut

    “Apa yang orang tua rintis agar tidak ditinggalkan, warisan budaya, adat istiadat leluhur harus tetap kita pelihara,” tuturnya.

    Hadir dalam upacara pengukuhan Korano Wonti ini, yakni sejumlah tokoh masyarakat dan sesepuh keluarga besar Waropen di Manokwari, Ketua DAP Wilayah III Doberay dan Ketua Klasis GKI Manokwari, Pdt John Mamoribo. (LP2/red)

    Latest articles

    NasDem Bintuni Buka Penjaringan Cabup-Cawabup, Jen Fimbay-Imanuel Horna Hari ini Daftar

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Partai NasDem Teluk Bintuni resmi membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024. Pendaftaran akan dibuka hingga 7 Mei mendatang. Muhammad...

    More like this

    Diinisiasi Pj Gubernur Ali Baham, Papua Barat dapat Jatah Penerimaan 1.000 Anggota Polri

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kabar baik menghampiri masyarakat Papua Barat. Dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan, Papua...

    Dorong Mutu Pendidikan, Pemprov PB Genjot SDM Guru dan Infrastruktur

    MANOKWARI, linkpapua.com-Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Papua Barat Abdul Fatah mengatakan, banyak aspek yang dibutuhkan...

    PWI Kritik Pemprov Papua Barat: Kerja-kerja Pers Diabaikan

    MANOKWARI,linkpapua.com- Ketua PWI Papua Barat Bustam melontarkan kritik kepada Pemprov Papua Barat yang dinilai...