26.5 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Tiga Kabupaten Segera Susul Raja Ampat-Sorong Jadi KSPN Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Selain Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong yang menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Papua Barat, pemprov kembali melakukan kajian untuk 3 kabupaten, yaitu Manokwari Selatan, Manokwari, dan Pegunungan untuk menjadi KSPN kedua di Papua Barat.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat, Charlie Heatubu, dalam seminar penelitian dan pengembangan pariwisata di Papua Barat.

    Baca juga:  Komisi C Minta Pemkab Manokwari Prioritaskan Infrastruktur di Dataran Warpramasi

    “Ini merupakan bagian dari strategis pariwisata nasional. Jadi kebijakan pusat telah ada di beberapa daerah. Sehingga daerah harus inisiatif mengusulkan dan menyiapkan. Di Papua Barat punya potensi selain simpul Sorong dan Raja Ampat yang sudah menjadi KSPN terlebih dahulu. Pariwisata merupakan unggulan di Papua Barat,” ungkap Heatubun.

    Baca juga:  Operasi Patuh Mansinam Polresta Manokwari, Sasar Tujuh Pelanggaran

    Sementara itu, Gubernur Papua Barat yang diwakili Asisten III Setda Papua Barat, Raymond Yapp, menyampaikan pemerintah berkomitmen mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi dan misi pemerintah.

    “Pola pikir dan langkah dapat dilakukan baik jika mampu melaksanakan fungsinya. Di Papua Barat memiliki kekayaan dan letak geografis yang beraneka ragam baik suku bangsa, flora, dan fauna, sejarah dan lainnya. Ini bisa menjadi modal yang harus dimanfaatkan optimal. Pariwisata menjadi leading sektor sehingga perlu diwujudkan rencana induk untuk memberi arah dan kebijakan pariwisata,” jelasnya.

    Baca juga:  Polisi Lacak Keberadaan Sopir Hilux Penabrak 2 Warga di Jalan Esau Sesa

    Dalam kesempatan tersebut hadir sejumlah perwakilan dari Pemkab Manokwari dan Manokwari Selatan serta hadir Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy. (LP3/Red)

    Latest articles

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Manokwari menyodorkan 2 figur untuk...

    More like this

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD...

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai...