26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    8 Kali Beruntun, Pemprov Papua Barat Kembali Raih Opini WTP

    Published on

     

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2021. Ini adalah WTP kedelapan yang diraih beruntun oleh Papua Barat.

    Hal ini disampaikan Anggota VI BPK RI selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI Dr Pius Lustrilanang dalam rapat paripurna istimewa DPR Papua Barat dalam rangka penyampaian laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), Selasa (10/5/2022).

    Baca juga:  RUU PBD Rencana Ditetapkan 17 November, Ketua DPR PB: Belum Ada Undangan

    “Berdasarkan hasil pemeriksaan LKPD Pemprov Papua Barat tahun 2021 telah sesuai standar akuntansi pemerintahan, pengungkapan yang memadai, tidak terdapat ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang bernilai material dan berpengaruh langsung terhadap laporan keuangan. Dengan dasar tersebut BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan pemerintah daerah Papua Barat tahun 2021,” ujarnya.

    Pius mengungkapkan, WTP diberikan atas dasar kesesuaian dengan standar akutansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

    Baca juga:  Serangan di Fakfak, Waterpauw Sebut Ada Keterlibatan Kelompok Terorganisir

    Sementara, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan perolehan opini WTP merupakan kebanggaan bagi semua. Meski pemerintah masih harus menyelesaikan cukup banyak permasalahan terutama penatausahaan aset tetap, kurangnya pemahaman penerimaan dana hibah dan bansos, namun semua bisa dilewati.

    “Tantangan ini harus kita lewati bersama untuk itu saya sampaikan kepada seluruh pimpinan OPD agar mencermati dan dapat menindaklanjutinya,” ujarnya.

    Baca juga:  5 Sorotan Fraksi Otsus kepada Gubernur PB, Termasuk Mutasi Pejabat OAP

    Dominggus menyampaikan terima kasih kepada pimpinan OPD, pimpinan dan anggota DPR Papua Barat dan pimpinan dan anggota MRP Papua Barat yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pengelolaan keuangan dengan baik.

    Menurutnya, ke depan pemprov akan terus berupaya melakukan perbaikan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Karena berkat kerja sama semua pihak sehingga memperoleh opini WTP yang kedelapan kalinya.(LP9/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...