28.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 25, 2024
28.1 C
Manokwari
More

    Wapres Ma’ruf Amin: Osteoporosis tak Hanya Ancam Wanita, Pria juga Rentan

    Published on

    JAKARTA,linkpapua.com– Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, Sabtu (23/10/2021). Gerakan ini digagas oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi).

    Acara Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis diselenggarakan secara Hybrid dan diikuti ribuan peserta dari seluruh penjuru Tanah Air. Acara dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

    Dalam kesempatan itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan dukungan penuh atas segala upaya lembaga-lembaga seperti Perwatusi yang secara aktif dan produktif membantu pemerintah untuk menuju cita-cita bangsa yaitu Indonesia Sehat dan Produktif.

    “Di tahun 2021 ini Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia atau Perwatusi, memilih sebuah tema yang sangat strategis untuk menunjang cita-cita Bangsa Indonesia menuju Indonesia sehat bertulang kuat dan produktif. Yaitu Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis,” kata Wapres yang hadir secara virtual.

    Baca juga:  PWKI Papua Barat Gelar Seminar Tingkatkan SDM Perempuan Kristen

    Seperti kita ketahui, lanjut Ma’ruf Amin, bahwa Osteoporosis tidak saja menyasar satu dari tiga wanita di Indonesia. Tetapi juga kaum bapak yang juga sudah banyak terkena dampak penyakit keropos tulang ini.

    “Peringatan Hari Osteoporosis pada 23 Oktober menjadi momentum untuk membangun kesadaran bersama. Sebab penyakit itu masih menjadi masalah kesehatan global, khususnya di negara berkembang. Lebih dari 200 juta orang dan 50% kejadian patah tulang disebabkan osteoporosis,”katanya.

    Untuk itulah, lanjut Wapres, Gerakan Nasional Melawan Oteoporosis ini menjadi penting untuk didukung bersama oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena gerakan ini tidak saja bertujuan mengobati tetapi yang lebih penting melakukan pencegahan baik dengan aktivitas olahraga dan asupan nutrisi setiap hari.

    Baca juga:  Polisi Kejar 4 DPO Penembakan Pos Satgas Yonif 407/PK Teluk Bintuni

    Sejumlah tokoh ikut hadir secara virtual dan mendukung kegiatan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis. Di antaranya Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dante Saksono Harbuwono.

    Wamenkes mengatakan pentingnya gerakan nasional ini dilakukan karena satu dari tiga wanita akan terkena dampak osteoporosis.

    Dukungan yang sama juga disampaikan secara virtual oleh Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Menurutnya kegiatan masyarakat seperti yang dilakukan Perwatusi ini tidak saja dengan tujuan kesehatan semata tetapi lebih dari itu. Aktivitas olahraga masyarakat ini dapat juga mendorong perekonomian rakyat dan pariwisata.

    Diikuti 3.000 Peserta

    Ketua Umum Perwatusi Anita Hutagalung mengatakan, tanggal 20 Oktober diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Osteoporosis Dunia yang di Indonesia dikenal dengan nama Hari Osteoporosis Nasional. Peringatan setiap tahun ini akan terus dilakukan untuk menyadarkan masyarakan Indonesia akan pentingnya mengetahui bagaimana mencegah dan juga menangani penyakit keropos tulang atau Osteoporosi ini.

    Baca juga:  Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua Siap Bantu Kebut Infrastruktur di 4 DOB

    Anita juga menyampaikan tentang inovasi dan aktivitas senam serta sosialisasi yang dilakukan Perwatusi bekerja sama dengan semua pihak. Baik swasta maupun lembaga pemerintahan dengan tujuan utama terus menyadarkan masyarakat untuk peduli akan penyakit ini.

    Ketua Panitia Hari Osteoporosis Nasional Perwatusi, Dr Sitti Nur Azizah mengatakan bahwa acara pencanangan ini diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta dari 13 dewan pengurus daerah dan 34 dewan pengurus  cabang secara hybrid.

    “Di dalam perayaan ini juga diperkenalkan Osteodance Perwatusi yang menyasar kepada anak-anak muda sebagai tindakan pencegahan bagi kesehatan tulang dan produktifas generasi penerus di masa depan,” kata Sitti Nur Azizah. (*/Red)

    Latest articles

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi Halal bersama Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun Jumat (24/5/2024)....

    More like this

    DPD BKPRMI Manokwari Berbagi dengan Yayasan Anak Yatim Ikhsan Al Mauun

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manokwari menggelar Halal Bi...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...

    Kejari Bintuni Ultimatum GS Hadiri Panggilan Ketiga Terkait Kasus Dana Hibah KPU

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Kejari Teluk Bintuni Jhony A zhebua melalui Jaksa penyidik dari Kejaksaan Negeri...