26.8 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Update Banjir Maybrat: Kedalaman Air di Permukiman Warga 10-30 Meter, Butuh Hunian Sementara

    Published on

    MAYBRAT, Linkpapua.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat merilis update penanganan bencana alam banjir yang terjadi di Distrik Mare Selatan, Kabupaten Maybrat, Rabu (27/7/2022).

    Kepala BPBD Papua Barat, Derek Ampnir, mengatakan hujan deras yang mengguyur 21 hingga 23 Juli 2022 menjadikan kawasan permukiman warga bertopografi lembah tergenang. Genangan membentuk kolam dengan kedalaman 10 sampai 30 meter akibat tidak adanya saluran pembuangan ke Danau Ayamaru.

    Baca juga:  Kesbangpol Papua Barat Segera Gelar Rakor Bahas Tahapan Rekrutmen MRPB

    Imbasnya, layanan dan kebutuhan dasar masyarakat di sembilan kampung saat ini mengalami gangguan. Pemulihan diperkirakan akan memakan waktu 1 hingga 3 bulan ke depan. “Bahkan bisa mencapai 6 bulan sampai 1 tahun jika air tidak surut dari kondisi saat ini,” kata Derek.

    Baca juga:  Satlantas Polres Manokwari Gelar SIM Keliling, ini Lokasinya

    Derek mengungkapkan respons tanggap darurat yang telah diberikan, yakni layanan kebutuhan dasar kepala 36 kepala keluarga (KK) pada empat kampung. Selain itu, sarana angkutan berupa perahu kano bantuan BPBD Maybrat, perahu polyethylene bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui BPBD Papua Barat telah dioperasikan.

    Perahu polyethylene ini digunakan untuk mengangkut warga hingga bantuan bahan makanan. Sementara, obat-obatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Papua Barat, masker maupun hand sanitizer, telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat, untuk diteruskan kepada kepala distrik dan kepala puskesmas setempat.

    Baca juga:  Tim BPBD PB Kaji Kerusakan akibat Puting Beliung di Kampung Kotam Fakfak

    “Kebutuhan mendesak masyarakat yang dapat kami sarankan adalah hunian sementara untuk 36 KK, fasilitas umum, sanitasi, air bersih, dan listrik,” ucap Derek. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...