27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Musim Kemarau Tetap Hujan, Kepala BPBD Papua Barat Minta Masyarakat Selalu Waspada

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir, meminta kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada serta memperhatikan kondisi cuaca di wilayah masing-masing, khususnya daerah rawan banjir. Penyampaian serupa ditujukan ke seluruh instansi terkait.

    Hal ini menyikapi informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprakirakan curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia meskipun telah memasuki musim kemarau.

    Baca juga:  Derek Ampnir: Belum Ada Laporan PMK di Papua Barat

    Hal ini disebabkan masih aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer skala global-regional yang cukup signifikan. Di antaranya, fenomena La Nina yang pada Juli ini diidentifikasi masih cukup aktif dengan kategori lemah.

    “Kepada masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana, seperti banjir. Diharapkan terus memperhatikan kondisi cuaca,” kata Derek dalam keterangannya, Sabtu (23/7/2022).

    Derek juga meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah terkait untuk tetap menyiagakan unit penanganan bencana masing-masing. “Tetap waspada serta melakukan upaya antisipasi dan persiapan secara dini. Saya minta agar semua aktif berkoordinasi dan melaporkan perkembangan,” seru Derek.

    Baca juga:  Honorer Soroti Polda PB, Dinilai Lambat Limpahkan Kasus Pemalsuan Dokumen CPNS

    BMKG sebelumnya menyampaikan bahwa meskipun saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, karena adanya fenomena-fenomena atmosfer memicu terjadinya dinamika cuaca yang berdampak masih turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

    Wilayah-wilayah yang diprakirakan terjadi hujan sedang-lebat, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

    Baca juga:  Persiapan 100 Persen, Kempo Papua Barat Siap "Hajar" Lawan di PON XX

    Sementara, untuk hujan sedang-ringan masih dapat terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut. Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan. (LP2/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...