27.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Terseret Kasus Hibah Yayasan Tipari, Polda PB Periksa Bupati Sorong Selatan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Sorong Selatan SA Anggiluli memenuhi panggilan Penyidik Tindak Pidana Korupsi Polda Papua Barat, Senin (6/12/2021). Bupati diperiksa dalam kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah Yayasan Tipari.

    “Benar. Saat ini Ditreskrimsus Polda Papua Barat sedang menangani perkara penyalahgunaan dana hibah Yayasan Tipari. Masih tahap penyelidikan. SA (Bupati Sorong Selatan) diperiksa sebagai saksi,” terang Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi, Senin (6/12/2021).

    Menurut Adam, saat ini penyidik masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi. Termasuk Bupati Sorong Selatan.

    Baca juga:  Hari Ini Tim DVI Identifikasi 2 Jenazah Terakhir Korban Kebakaran Double O

    Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, memberi apresiasi kepada Kapolda Papua Barat yang mulai menyelidiki dugaan korupsi dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan kepada Yayasan Tipari Teminabuan. Dana hibah ini diduga mengalir sejak 2017 hingga 2019.

    Langkah penyelidikan dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor : Sprin.Lidik/105 a/XI/Res.3.3/2021/Ditreskrimsus, tanggal 15 November 2021.

    “Sehingga menurut saya sebagai advokat berdasarkan UU RI No. 18 Tahun 2003 Tentang Advokat bahwa langkah penyelidikan ini sangat baik, elegan dan berdasar hukum untuk menelusuri lebih jauh pengelolaan dana hibah dari pemerintah Kabupaten Sorong Selatan yang selama tahun 2017-2019 telah dikucurkan ke Yayasan Tipari Teminabuan,” jelas Yan Warinussy.

    Baca juga:  Pj Gubernur Waterpauw Akan Dikukuhkan sebagai Anak Adat dan Sesepuh Kuri Wamesa

    Warinussy mengungkapkan, kucuran hibah kepada Yayasan Tipari sedianya diperuntukkan bagi pembangunan kampus Universitas Werisar. Namun dalam perjalanannya, proyek ini tidak rampung.

    Warinussy menyebut, hingga saat ini hanya berdiri pondasi berikut tiang-tiang bangunan di lokasi.

    Dikatakan Warinussy, sesuai data di LP3BH Manokwari, anggaran yang telah kucur mencapai Rp7 miliar. Adapun keterkaitan Bupati Sorong Selatan kata dia, karena kapasitasnya sebagai salah satu pendiri yayasan.

    Baca juga:  Harga Pangan Naik, Yacob Fonataba: Jangan Cuma Makan Nasi, Berkebun Juga

    “Bupati Sorong SA Anggiluli adalah pendiri yayasan. Sementara Ketua Yayasannya adalah BM. Mereka sehari-harinya memiliki hubungan kedekatan,” terang dia.

    Warinussy menegaskan akan terus mengawal kasus ini.

    “Kami akan terus mengawal proses penegakan hukum yang sedang dilakukan Polda Papua Barat melalui Direktur Reskrimsus Kombes Pol Romilus Tamtelahitu dan para penyidiknya saat ini,” tegasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...