26.4 C
Manokwari
Minggu, Juli 14, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Teluk Wondama target produksi 40 ton rumput laut perbulan

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama menargetkan dapat memproduksi sebanyak 40 ton rumput laut perbulan untuk mencukupi kebutuhan pasar.

    “Sekarang baru bisa 20 ton sekali kirim, itu kurang efisien bagi pembeli, maka kita harus genjot hasil panennya,” sebut penjabat Bupati Teluk Wondama, Abudulatief Suaeri di Manokwari, Selasa.

    Teluk Wondama pada Selasa (27/10) melakukan pengiriman perdana rumput laut kering ke Surabaya melalui Pelabuhan Manokwari. Pengiriman itu dilakukan oleh investor dari Surabaya.

    Baca juga:  Catat! Tahun ini Pemkab Wondama Salurkan Bantuan untuk 400 UMK OAP

    Abdulatief menjelaskan biaya operasional pengiriman rumput laut dari Teluk Wondama menuju Surabaya cukup tinggi. Saat ini pembeli mengambil langsung dari petani di kampung-kampung dan selanjutnya pengiriman dilakukan melalui Pelabuhan Manokwari.

    Menurutnya Teluk Wondama masih memiliki potensi perairan cukup luas untuk pengembangan rumput laut. Peningkatan jumlah hasil panen sangat memungkinkan untuk dilakukan.

    Ia pun sudah menginstruksikan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan agar segera mengkoordinasikan hal itu kepada para petani. Target produksi 40 ton perbulan diharapkan segera tercapai.

    Baca juga:  Wadan Ramil 1801-04/Wasior serahkan bingkisan dari Panglima TNI ke warga Wasior

    “Dalam hal budidaya dan perdagangan rumput laut ini petani kita sangat dimudahkan. Mereka tidak perlu capek-capek menjual keluar karena buyer datang langsung ke setiap petani sehingga mereka terima bersih,” katanya.

    Dia pun berharap pengiriman perdana ini memacu masyarakat untuk turut mengembangkan budidaya rumput laut. Dengan demikian perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kampung meningkat.

    “Kita tidak butuh waktu lama untuk bisa menikmati hasil dan merawatnya pun tidak susah. Dalam 40 hari rumput laut sudah bisa dipanen. Harga beli di petani mencapai Rp 6.000 perkilo gram, ini lumayan,” katanya lagi.

    Baca juga:  Sudah 14 Orang Mendaftar Calon Anggota DPRK Teluk Wondama Jalur Otsus

    Abdulatief berharap, seluruh kampung pesisir di Teluk Wondama mengembangkan rumput laut.

    “Untuk perdagangannya sudah tidak sulit. Pembeli datang langsung ke petani dan berapa pun panen yang dihasilkan mereka siap menampung,” katanya.(LPB1/red)

    Latest articles

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng Awards 2024. Dia juga mengaku bangga dengan para peraih penghargaan...

    More like this

    Sudah 14 Orang Mendaftar Calon Anggota DPRK Teluk Wondama Jalur Otsus

    WASIOR, Linkpapua.com – 14 orang telah mendaftar sebagai bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan...

    Plh Kakan Kemenag Wondama: Moderasi Beragama Kunci Harmonisasi Umat  

    TELUKWONDAMA, Linkpapua.com- Kementerian Agama Teluk Wondama menggelar dialog bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)....

    Pemkab Wondama Dapat Kuota 236 CPNS, 80% Diisi OAP

    WASIOR,linkpapua.com– Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama menerima kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 sebanyak...