26.8 C
Manokwari
Senin, Juli 15, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Situasi COVID-19 sembilan daerah di Papua Barat penyelenggara Pilkada

    Published on

    Manokwari-Pilkada sembilan daerah di Provinsi Papua Barat akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020.

    Pesta Demokrasi kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung ditengah penyebaran wabah virus corona. Perkembangan epidemiologi di daerah tersebut tentu patut menjadi perhatian.

    Sembilan daerah yang akan menggelar Pilkada itu meliputi Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong Selatan, Raja Ampat, Kaimana serta Fakfak.

    Sesuai data Satgas percepatan penanganan COVID-19 pada 10 September 2020 di Manokwari tercatat sebanyak 144 kasus positif, Manokwari Selatan tiga, Teluk Bintuni 137,Teluk Wondama 30, Fakfak 25, Sorong Selatan 31, Kaimana dua dan Raja Ampat sebanyak 19 kasus pernah ditemukan.

    Baca juga:  Pekan Depan, Pemprov Papua Barat Tancap Gas Vaksinasi Covid-19 untuk ASN

    Hanya Pegunungan Arfak yang hingga saat ini belum memiliki catatan kasus positif COVID-19. Sesuai peta epidemiologi, daerah yang kaya akan potensi pariwisata itu pun masi berada pada zona hijau.

    Begitu pula Raja Ampat dan Kaimana. Meskipun pernah terpapar COVID-19 namun dua daerah ini berhasil bergeser ke zona hijau. Seluruh pasien sembuh dan hingga kini belum ada temuan kasus baru.

    Situasi berbeda terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni, Manokwari Selatan dan Sorong Selatan. Teluk Bintuni saat ini sedang berada pada gelombang kedua COVID-19 dengan jumlah kasus lebih tinggi dibanding gelombang kedua.

    Baca juga:  Pemprov dan Polda Papua Barat Kolaborasi Kebut Vaksinasi

    Berdasarkan data Satgas COVID-19, pada gelombang pertama temuan kasus positif di daerah itu sebanyak 50 orang. Semua berhasil sembuh dan Teluk Bintuni berhasil ke zona hijau.

    Pada pertengahan Agustus 2020 gelombang kedua COVID-19 mulai datang di daerah penghasil Migas itu. Virus pun berkembang cukup cepat dan secara akumulatif temuan konfirmasi positif di daerah itu saat ini sudah mencapai 137 kasus, Artinya pada gelombang kedua ini, jumlah warga yang terpapar COVID-19 di Teluk Bintuni jauh lebih tinggi dibanding gelombang pertama.

    Baca juga:  Mugiono Soal Pergub Protokol Kesehatan: Jangan Hanya Hukuman, Yang Taat Perlu Diberi Reward

    Manokwari Selatan pun pernah kembali ke zona hijau namun saat ini merah karena temuan dua kasus baru. Sedangkan Sorong Selatan semula hijau dan saat ini pun sudah merah dengan jumlah konfirmasi positir memcapai 31 kasus.

    Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing belum lama ini menekankan agar para calon bupati dan wakil bupati mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat selama kegiatan kepemiluan.

    “Jangan sampai masyarakat tertular COVID-19, ini harus menjadi perhatian bersama. Semua kandidat harus berkomitmen untuk menyukseskan penerapan protokol kesehatan,” katanya. (LPB1/red)

    Latest articles

    Hari Pertama Operasi Patuh Mansinam, Satlantas Polresta Manokwari Berikan Teguran dan...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Hari pertama Operasi Patuh Mansinam yang digelar Satuan Lalu Lintas Polresta Manokwari pada Senin (15/7/2024) di jalan Siliwangi Kelurahan Padarni, sejumlah pengendara...

    More like this

    Stunting Papua Barat Masih di Angka 24%, Jacob Fonataba: Kita Terus Intervensi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan, prevalensi stunting Papua Barat masih...

    Pimpin Apel, Jacob Fonataba Bicara Displin ASN hingga Hasil Audit BPK

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Pj Sekda Papua Barat Jacob Fonataba memimpin apel gabungan di Kantor Gubernur,...

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...