25.9 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Meriah! Lomba Digelar Ikatan Perempuan Arfak Papua-Barat-TP PKK, Tari Tumbuk Tanah hingga Kreasi Menu Lokal

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Pengurus Perkumpulan Perempuan Arfak provinsi Papua Barat berkolaborasi TP PKK menggelar berbagai kegiatan berbasis kearifan lokal melibatkan warga dari 31 kampung di Distrik Warmare, Manokwari.

    Kegiatan itu di antaranya kreasi menu sehat pangan lokal, tari tumbu tanah, dan permainan tradisional jaga telur naga yang berlangsung, Sabtu (9/9/2023), di halaman Kantor Distrik Warmare.

    Ketua Ikatan Perempuan Arfak Papua Barat, Indrayanti Y. Mandacan, SE, M.Si mengatakan masyarakat menyambut antusias event ini karena mengangkat budaya lokal.

    “Puji Tuhan karena kegiatan ini sangat direspons masyarakat. Para peserta sangat antusias datang dan mengikuti perlombaan. Ini bukti bahwa masyarakat sangat rindu kegiatan seperti ini,” kata Indrayanti.

    Baca juga:  Lakotani Ungkap Komitmen Bersama Dominggus dan Nataniel Soal Waterpauw

    Khusus lomba cipta menu lokal, Indrayanti mengatakan, tak sekadar mengangkat keragaman pangan lokal, tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menampilkan bakat dan kemampuan mereka.

    “Dampaknya sangat positif. Dari lomba ini kita bisa mengangkat kembali nilai pangan lokal kita,” ucapnya.

    Menurut Indrayanti, ada orientasi masa depan dari kegiatan ini. Diharapkan masyarakat makin cinta pada pangan lokal. Dengan demikian, nanti akan mengangkat kearifan lokal Papua Barat agar menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

    “Kita juga mengajak ibu-ibu untuk mengonsumsi menu beragam, bergizi, seimbang serta aman agar generasi penerus lebih cerdas. Selain itu, agar ibu rumah tangga menyajikan makanan kepada keluarga sehingga diharapkan mereka berkreasi agar makanan yang di sajikan dapat menggugah selera makan keluarga. Jika yang disajikan biasa biasa saja maka tidak akan berdampak apalagi disukai keluarga terutama anak anak maupun suami,” bebernya.

    Baca juga:  PPA Papua Barat Bakal Rangkum Database Perempuan Arfak di 5 Kabupaten

    Satu yang menarik dari lomba ini, menurut Indrayanti, yakni lomba jaga telur naga. Ini adalah permain tradisional yang nyaris punah. Kata dia, banyak generasi yang tak mengenal lomba ini.

    “Dari namanya terdengar asing. Lomba ini bukan menjaga telur naga yang sebenarnya. Melainkan sekelompok ibu-ibu menjaga balon yang dipegang agar tidak dipecahkan lawan,” katanya.

    Baca juga:  Pj Ketua TP PKK Papua Barat Dorong UMKM Peroleh Legalitas dan Sertifikasi BPOM

    Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanti Pasaribu, S.Kom, M.Si yang membuka acara lomba mengapresiasi antusiasme warga. Menurutnya, besarnya animo masyarakat menunjukkan kecintaan mereka pada kearifan lokal.

    Ia mengatakan untuk tahun ini kegiatan baru dipusatkan di Manokwari. Selanjutnya program kerja serupa juga akan menyasar kabupaten lainnya di Papua Barat.

    Adapun doorprize dari lomba ini seluruhnya disiapkan Ketua TP PKK Papua Barat. Ribuan warga memadati lokasi untuk meramaikan acara ini. Warga tampak sangat antusias menyaksikan tiap lomba. (LP1/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada pengurus Masjid Pondok Pesantren Darussalam SP...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...

    Kembali Menang di Papua Barat, Golkar Bangga Dengan Kepemimpinan PW  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sebagai pemenang Pileg 2024 di Papua Barat, DPD Partai Golongan Karya (Golkar)...