26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Sigovi Antar Satlantas Polres Manokwari Raih Peringkat Kedua Inovasi Pelayanan Publik

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manokwari berhasil meraih peringkat kedua dalam penilaian kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Provinsi Papua Barat 2022. Inovasi yang diusung oleh adalah SIM Go Village (Sigovi).

    Kasatsantas Polres Manokwari, Iptu Subhan S. Ohoimas, menjelaskan inovasi Sigovi hadir menjawab kebutuhan masyarakat yang jaraknya jauh dari Mapolres.

    “Yang kami ikut sertakan dalam lomba, yaitu layanan perpanjangan SIM A dan C melalui mobil SIM keliling yang kami perbarui dengan menambah sejumlah item. Pelayanan di wilayah yang jauh, selain perpanjangan SIM juga diberikan edukasi tertib berlalu lintas bagi masyarakat. Dengan harapan mendapatkan budaya tertib berlalu lintas,” beber Subhan, Senin (10/10/2022).

    Baca juga:  Wakil Bupati Manokwari Silaturahmi di Sogun City, Ini 4 Permintaan Warga

    Subhan mengatakan, pihaknya juga memberikan layanan pendampingan bagi masyarakat yang ingin melakukan pembuatan SIM baru. Terutama soal-soal teori saat ujian SIM. Termasuk juga menyimulasikan ujian praktik.

    Baca juga:  Pelaku Ujaran Kebencian di Raja Ampat Diciduk di Gowa Sulsel

    Hal ini, kata Subhan, bertujuan agar saat ujian teori maupun ujian praktik, masyarakat sudah memiliki bekal. Jika sudah lulus maka SIM dapat langsung didapatkan pada hari yang sama.

    “Memang dengan jarak yang jauh dari kampung-kampung ke Mapolres tempat pelayanan SIM, jika sudah ada bekal simulasi maka masyarakat dapat langsung lulus ujian SIM dan mendapatkan SIM itu. Dengan begitu, maka aktivitas masyarakat tidak banyak terganggu dan sudah memiliki SIM,” tambahnya.

    Baca juga:  Hermus Serius Branding Manokwari Jadi Kota Buah

    Inovasi yang telah dilakukan ini mendapat respons yang baik dari masyarakat karena sangat membantu dalam pengurusan perpanjangan SIM maupun persiapan untuk mengurus SIM baru. Ini terbukti adanya peningkatan layanan serta mampu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. (LP3/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Sambut HUT Dekranasda ke 44, Puluhan Peserta Meriahkan Pameran UMKM 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam memeriahkan HUT Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) ke 44, Dekranasda Manokwari menggelar...

    Bupati Manokwari Tinjau Pelaksanaan UAS di 2 Sekolah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi siswa...

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...