27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Sengketa 3 Pulau di Perbatasan Papua Barat-Malut, Murafer Minta Perhatian Serius Pusat

    Published on

    JAKARTA, Linkpapua.com – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua Barat, Karel Murafer, minta perhatian serius pemerintah pusat terkait sengketa tiga pulau di perbatasan wilayah Provinsi Papua Barat dengan Maluku Utara (Malut).

    Dalam harmonisasi Perdasi tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sudah disetujui dan diakomodasi bahwa Pulau Sayang, Sain, dan Piyai masuk dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Akan tetapi, hasil fasilitasi akhir dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tiga pulau itu justru masuk di Maluku Utara.

    Baca juga:  BPS: Penduduk Miskin Papua Barat Turun 0,49 Persen

    Murafer pun minta Mendagri, M. Tito Karnavian, segera memanggil Pj Gubernur Papua Barat dan Gubernur Maluku Utara untuk duduk bersama menyelesaikan persoalan ini. Langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadi tarik-menarik tapal batas antara kedua provinsi.

    Baca juga:  Ketua Bapemperda Papua Barat Wanti-Wanti Penyelesaian Perdasi Tak Mengendap

    “Pak Mendagri harus serius menyelesaikan persoalan ini, harus panggil Gubernur Maluku Utara dan Pj Gubernur Papua Barat untuk mendudukkan persoalan ini sesuai dengan historis tiga pulau tersebut. Harus ingat bahwa yang mendiami tiga pulau ini orang Raja Ampat, Papua Barat, dari turun-temurun, bukan Maluku Utara,” kata
    Murafer dalam keterangan persnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

    Baca juga:  DPR Papua Barat Sudah Hasilkan 23 Produk Hukum Sepanjang 2021

    Ditegaskan politisi Partai Demokrat ini bahwa salah satu persoalan tapal batas di Papua Barat yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah, yaitu tiga pulau tersebut.

    Menurut Murafer, dalam dokumen RTRW Papua Barat ada catatan bahwa terkait persoalan sengketa tiga pulau di Raja Ampat dengan Halmahera Utara akan dibahas terpisah dan dikaji lebih mendalam. (LP2/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...