27.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Sempat Palang Jalur Trans-Papua Barat, Puluhan Casis Akhirnya Bersedia Dialog

    Published on

    MANSEL, linkpapua.com- Sejumlah calon siswa yang gugur pada seleksi tamtama TNI AD jalur Otsus, memblokade jalan trans-Papua Barat, Senin (7/11/2022). Namun aksi itu berhasil direkam setelah dilakukan upaya dialog.

    Para casis mengaku tidak akan mengulangi aksi tersebut. Mereka berjanji lebih fokus pada persiapan menyambut tes penerimaan anggota TNI AD berikutnya.

    Hal ini disampaikan Komandan Koramil Ransiki Letda Inf Jamaluddin usai melakukan negosiasi dengan para pengunjuk rasa. Danramil mengapresiasi sikap mereka yang cukup kooperatif saat diajak untuk menyelesaikan persoalan lewat upaya persuasif.

    Baca juga:  HUT ke-9 Mansel, Polres Bagi-bagi Doorprize ke Warga yang Sudah Divaksin

    “Tadi sudah kita selesaikan dan mereka mengaku akan lebih fokus pada persiapan diri untuk menyambut tes-tes berikutnya,” kata Danramil, Senin (7/11/2022).

    Sesuai dengan data yang diterima media, aksi pemalangan tersebut dilakukan sekitar pukul 13.10 WIT. Aksi tersebut berlangsung tidak lama sebab pihak TNI dan Polri memberikan respons yang cukup cepat dengan cara menawarkan ruang diskusi kepada pelaku pemalangan.

    Mendengar tawaran diskusi, para pelaku akhirnya setuju untuk membuka palang kemudian bergeser ke kantor Koramil untuk mendengarkan penjelasan. Pembukaan palang dilakukan oleh anggota TNI dan Polri dibantu oleh warga.

    Baca juga:  Karang Taruna Bintuni Gelar Penggalangan Dana Korban Kebakaran Borobudur

    “Jadi teman-teman dari Polres juga ikut membantu, ada Kasat Intelnya, dari Reskrim dan juga dari Polsek, bahkan sebagian warga juga ikut membuka palang,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Danramil menyampaikan bahwa jumlah pendaftar Casis Catam TNI AD tahun 2022 Afirmasi Otsus sebanyak 60 orang. Sementara kuota untuk Mansel hanya 19 orang. Sedikitnya 41 orang otomatis harus tereliminasi.

    “Dan kami jelaskan bahwa mereka yang masih gagal ini akan terus kita dampingi untuk mempersiapkan diri dengan baik agar kembali mendaftar pada tes berikutnya. Harapannya agar mereka tidak lagi melakukan aksi-aksi yang kemudian akan mencoreng nama mereka karena itu akan berpengaruh,” terang Jamaluddin.

    Baca juga:  Catat! Tahun ini Pemkab Wondama Salurkan Bantuan untuk 400 UMK OAP

    Dialog akhirnya membuahkan hasil. Para casis yang gugur mengaku bisa menerima keputusan itu.

    Mereka berjanji tidak akan mengulangi aksi serupa. Dan kemudian akan berupaya lebih keras untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi berikutnya.

    “Kami juga minta agar tidak lagi merasa kecewa karena yang lulus 19 orang ini adalah putra-putri asli Manokwari Selatan juga,” tutup Danramil. (LP6/red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan...

    Pit Mandacan Daftar di Perindo Maju Pilkada Mansel 2024

    MANSEL,LinkPapua.com - Pit Mandacan resmi mendaftarkan diri di DPD Partai Perindo Manokwari Selatan (Mansel)...

    AMPI Papua Barat Kecam Pernyataan Qodari yang Sebut Golkar Berkhianat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Plt Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Papua Barat Guntur Setiawan...