27 C
Manokwari
Jumat, Mei 24, 2024
27 C
Manokwari
More

    Selangkah Lagi, Polisi Tetapkan Tersangka Pemalsuan Dokumen CPNS Pemprov Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com—Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Papua Barat Kombes Pol Novi Jaya mengatakan akan segera melakukan gelar perkara kasus dugaan pemalsuan dokumen CPNS di lingkup Provinsi Papua Barat.

    “Kita akan lakukan gelar perkara penetapan tersangka, rencana Senin pekan depan,” ujar kata Novi Jaya, Kamis (22/6/2023)
    Penyidik Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) telah memeriksa 9 orang sebagai saksi dalam kasus dugaan pemalsuan CPNS tersebut. Akan tetapi, hanya 8 orang yang hadir.

    Baca juga:  Selubung Nama Dibuka Kapolda Papua Barat, Polres Manokwari Resmi Jadi Polresta

    “Saksi yang tidak hadir mengkonfirmasikan bahwa besok dia akan penuhi panggilan,” kata Novi Jaya.

    Diketahui, dugaan pemalsuan dokumen penerimaan CPNS ini dilaporkan oleh Forum Honorer Papua Barat. Ihwal CPNS ini menjadi terang benderang berawal ketika Pemprov Papua Barat mengalihkan status tenaga honor yang jumlahnya lebih seribu menjadi pegawai.
    Pengalihan atau peningkatan status honore daerah ini, dibagikan menjadi dua kategori. Sebagian diangkat sebagai CPNS. Sedangkan sebagian lagi diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK).

    Baca juga:  Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) Tetap Digelar Tahun 2021

    Menguak dugaan pemalsuan dokumen penerimaan CPNS di lingkiup Papua Barat, penyidik Ditreskrimum telah memanggil sejumlah pihak di pemerintahan provinsi, seperti BKD, Inspektorat, serta pihak STIH sebagai saksi ahli.

    Baca juga:  Partai Hanura Optimistis Menangkan Ganjar-Mahfud di Papua Barat

    Dari hasil penyelidikan, polisi menemukan sejumlah fakto soal adanya oknum yang diduga memalsukan dokumen untuk memenuhi syarat pengangkatan menjadi CPNS. (LP2/red) 

    Latest articles

    Wahidin Puarada Daftar di PKB Maju Bertarung Pilgub Papua Barat

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi mendaftar di PKB untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua Barat 2024. Kepastian itu setelah tim kerja Wahidin...

    More like this

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...

    KPU Teluk Bintuni Siap Hadapi Gugatan Pileg, Digelar 3 Mei

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- KPU Teluk Bintuni membuka kotak suara untuk dijadikan alat bukti dalam sengketa...

    Melkias Werinussa Ungkap Sederet Rencana Strategis Pemprov PB Jelang Perpindahan IKN

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Provinsi Papua Barat Melkias Werinussa membeberkan sederet...