25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Satgas Saber Pungli Manokwari Ingatkan Perangkat Kampung Hati-Hati Gunakan Uang Negara

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Manokwari menggelar sosialisasi kepada perangkat distrik, kelurahan, maupun kampung, Kamis (8/12/2022). Para perangkat pemerintahan tersebut diminta tidak melakukan pungutan pada layanan-layanan pemerintahan.

    Bupati Manokwari diwakili Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Manokwari, Wanto, mengatakan sebagai penyelenggara negara wajib berhati-hati menggunakan uang negara.

    Baca juga:  Fokus Tingkatkan Kedisiplinan, Wabup Mansel: Jangan Cuma Semangat di Awal Bulan!

    “Jangan melakukan pungutan jika tidak ada dalam aturan. Jika ketahuan pasti akan diproses karena ada laporan dari korban apalagi pungli masuk dalam kategori korupsi. Meskipun begitu jangan takut melaksanakan pekerjaan selama sesuai dengan aturan,” ujar Wanto.

    Sementara, Wakapolres Manokwari, Kompol Agustina Sinery, menjelaskan Satgas Saber Pungli terdiri atas berbagai instansi. Dia menyampaikan bahwa kategori pungli terjadi pada yang seharusnya pelayanan tidak ada biaya, tetapi justru masyarakat dikenakan biaya.

    Baca juga:  Usulan Calon Kepala Sekretariat dan PUMK Panwaslu, Bawaslu Bintuni Surati Kepala Distrik

    “Ini sudah termasuk praktik kejahatan atau pidana. Fungsi Satgas Saber Pungli, yaitu pada intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi sehingga wewenang kami membangun sistem pencegahan pungli maupun melakukan operasi tangkap tangan. Yang ingin saya sampaikan adalah jangan mengambil hak orang lain,” bebernya.

    Baca juga:  Kabinda Papua Barat Kunker ke Teluk Bintuni, Ini Agendanya

    Untuk itu Agustina meminta agar masyarakat maupun perangkat pemerintahan dapat melaporkan jika menemukan praktik pungli. Dengan begitu akan menjadi dasar pihaknya mengambil tindakan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...