28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Rekrutmen Taruna Akmil, KNPI Ingatkan Pangdam Kasuari Soal Kuota OAP

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Samy DJ Saiba mengingatkan Panglima Kodam XVIII Kasuari terkait keberpihakan kepada Orang Asli Papua OAP dalam rekrutmen taruna Akademi Militer (Akmil). Keberpihakan itu adalah amanat UU Otsus.

    “Salah satu amanat otonomi khusus adalah memberikan ruang kepada orang asli Papua (OAP). Hal ini penting diingat oleh siapapun termasuk Pangdam XVIII Kasuari,” kata Samy, Minggu (15/5/2022).

    Baca juga:  Kongres KNPI Harus Lahirkan Ide untuk Menjawab Persoalan di Papua Barat

    Samy mengatakan, otsus memberikan ruang kepada putra putri Papua agar mendapatkan prioritas dalam penerimaan taruna Akmil. KNPI Papua Barat kata Samy akan mengawal kebijakan ini.

    “Kami akan mengawal setiap kebijakan pembangunan di Papua Barat. Termasuk pengembangan sumber daya manusia putra-putri Papua Barat dalam rekrutmen TNI Polri di semua tingkatan,” tandas Samy.

    Baca juga:  3 Perangkat Kampung Banjar Asoy Bintuni Dilantik, Ini Pesan Kadistrik

    Dijelaskannya, sebagai laboratorium pemuda, KNPI akan terus mendorong tampilnya putra dan putri terbaik OAP.

    “Kami tentu berkordinasi dengan setiap KNPI di kabupaten dan kota untuk menyiapkan generasi muda di setiap daerah, sehingga kita tidak hanya mengingatkan para pengambil kebijakan namun kita juga siapkan SDM,” ungkapnya.

    Samy secara tegas mengingatkan Pangdam agar tidak mengabaikan kebijakan yang menjadi amanah UU Otonomi Khusus itu.

    Baca juga:  Parjal Papua Barat Dukung Pengungkapan Kasus Dugaan Korupsi KONI

    “Otsus ini lahir dari pro dan kontra di kalangan irang Papua. Maka berikan ruang bagi anak-anak Papua untuk menjadi calon-calon pemimpin di tubuh TNI di masa mendatang,” ucapnya.

    Saat ini telah dilakukan rekrutmen Taruna dan Taruni TNI Tahun 2022 di Kodam XVIII Kasuari. Ia berharap rekrutmen benar benar merepresentasi amanat UU Otsus. (LP2/red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani...

    Cegah Banjir, Kodim 1806/TB Bersihkan Parit di Kampung Banjar Ausoy

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Komandan Kodim 1806/TB, Letkol Inf Teguh Eko Efendi memimpin pembersihan parit sepanjang...

    Hilang Saat Berburu, Yahya di Temukan Meninggal di Hutan Anggori

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sempat dinyatakan hilang saat berburu, seorang warga bernama Yahya ditemukan meninggal dunia...