27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Pusat Setujui Program Perekrutan 1.000 Bintara Otsus Kodam XVIII/Kasuari

    Published on

    Manokwari-Pemerintah pusat setuju atas program perekrutan 1.000 Bintara Otsus yang yang didorong Kodam XVIII/Kasuari/Papua Barat,

    “Alhamdulillah Menteri Pertahanan, pak Prabowo Subiyanto dan Pak Kasad (Kepala Staf angkatan Darat) sudah setuju dengan program perekrutan Bintara Otsus,” kata Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, Senin (7/9).

    Dia menjelaskan, seleksi perekrutan 1.000 Bintara Otsus akan dilakukan dengan kerja sama antara Kodam Kasuari dan pemerintah Provinsi Papua Barat dan seluruh kabupaten/kota. Peserta yang bisa ikut dalam perekrutan ini adalah putra-putri asli Papua.

    Baca juga:  Kadarusman Jadi Plt. Sekwan, Ketua DPR Papua Barat Tekankan Komunikasi Proaktif

    “Alokasi calon berasal dari seluruh kabupaten dan kota di wilayah Papua Barat. Peserta nanti bisa mendaftarkan diri ke Korem dan Kodim terdekat di wilayah masing-masing,” kata dia.

    Ia menyebutkan, peserta yang lulus akan dididik di Rindam di seluruh Indonesia, mengingat sarana dan prasarana di Rindam XVIII/Kasuari masih terbatas.

    Harapannya, kata Bogra, para Bintara Otsus ini bisa ditugaskan kembali ke wilayah kabupaten dan kota di seluruh Papua Barat sebagai motivasi menggerakkan generasi muda agar lebih maju dalam menjaga stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Baca juga:  Lambannya Penetapan APBD 2021, Ganggu Kinerja DPU

    Kepala Staf Daerah Militer XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein pada kesempatan sebelumnya mengatakan program perekrutan Bintara Otsus sedang dikomunikasikan dengan gubernur, bupati, dan wali kota se-Papua Barat. Program tersebut diharapkan dapat dibiayai melalui dana otonomi khusus (Otsus).

    “Program itu diharapkan menjadi peluang bagi putra-putri asli Papua untuk berkarir menjadi anggota TNI,” kata Kasdam.

    Ferry Zein mengatakan Kodam Kasuari masih membutuhkan cukup banyak personel untuk mengisi satuan yang sudah ada maupun yang akan dibentuk. Putra daerah diharapkan bisa mengisi kekurangan tersebut.

    Baca juga:  Soal Keterlambatan Gaji, Ketua MRP Papua Barat Angkat Bicara

    Menurut dia, Kodam XVIII/Kasuari masih cukup baru dan saat ini baru tumbuh, pihaknya sedang mendorong pembentukan empat Kodim baru serta satu Korem di Fakfak untuk mendukung kerja Kodam.

    “Papua Barat ini sangat luas, sedangkan saat ini Kodam baru punya satu Korem. Oleh karena itu harus ditambah setidaknya satu Korem lagi. Kami juga akan membentuk Brigade, sehingga butuh banyak personel untuk mengisinya,” kata dia.(LPB1/red)

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Kajati Papua Barat Harap HBA ke-64 jadi Momentum Introspeksi Diri

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64,...

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...