28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Promosi Pangan Lokal, Dinas Ketapang Papua Barat Gelar Lomba Cipta Menu Kreasi

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Papua Barat mengadakan lomba cipta menu kreasi pangan lokal berbasis beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA), Rabu (5/7/2023).

    Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat, Abdul Latief Suaeri, menyatakan lomba ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai upaya edukasi, pendidikan, dan promosi terhadap pangan lokal.

    “Lomba ini diadakan untuk mengangkat citra makanan khas daerah yang selama ini kalah dengan makanan modern,” ujar Latief.

    Baca juga:  Dukung SKK Migas, Kakanwil BPN Papua Barat Terbitkan 4 Sertifikat BMN

    Ia menjelaskan bahwa penting untuk mengembangkan menu-menu berbasis pada kearifan lokal. Selain itu, menu-menu tersebut juga harus menggunakan resep-resep lokal agar tercipta makanan-makanan baru yang unik, menarik, dan tak kalah dengan makanan siap saji.

    Latief juga menyampaikan saat ini pangan pokok di Papua Barat masih bergantung pada beras dan terigu. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pangan masih mengimpor dari negara lain.

    Baca juga:  Pisah Sambut Pj Gubernur PB, Ali Baham Kenang Memori di Arguni

    “Untuk mengurangi ketergantungan pada beras dan terigu, kita perlu mengembangkan sumber daya pangan lokal seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, pisang, dan bahan pangan lainnya,” paparnya.

    Meskipun mengonsumsi makanan lokal, Latief menekankan pentingnya mempertahankan nilai gizi seimbang.

    Baca juga:  Kepala Dinkes Papua Barat Soroti Kabupaten Tak Konsisten Laporkan Kasus ISPA

    “Kita memiliki banyak potensi dari kekayaan alam, seperti ikan yang bisa diolah menjadi sumber protein hewani. Selain itu, kita juga masih memiliki lahan yang dapat digunakan untuk mengembangkan buah-buahan dan sayuran,” ungkapnya.

    Ia berharap lomba ini dapat diadakan secara rutin dan dikenalkan kepada masyarakat sebagai langkah konkret dalam mempromosikan pangan lokal. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...