28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Polri Papua Barat Klaim Selamatkan Uang Negara Rp20,5 Miliar dari Kasus Dugaan Korupsi KONI

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Barat sepanjang Tahun 2023 berhasil menyelematkan uang negara dari hasil korupsi sebesar Rp20,5 Miliar. Penyelamatan kerugian negara ini berasal dari pengungkapan kasus Tipikor dana Hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia KONI Papua Barat.

    “Dari penyitaan uang tunai dan aset tanah bangunan rumah dan mobil totalnya 20,5 Miliar,” kata Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johny Edizon Isir Kamis (4/1/2023).

    Baca juga:  Karang Taruna Papua Barat Paparkan Proker ke Pj Gubernur

    Sementara Direktur Reserse Kriminal Khusus Direskrimsus Polda Papua Barat Kombes Pol Sonny Tampubolon mengatakan, para tersangka telah dilimpahkan ke jaksa bahkan sudah menjalani proses sidang di pengadilan Tipikor Manokwari.

    Sonny juga menyebut pada Tahun 2023 target yang tertuang dalam Dipa untuk penanganan tindak pidana korupsi sebanyak 4 Kasus, 1 Kasus masih menjadi tunggakan, sedangkan tiga kasus termasuk Tipikor Dana Hibah di KONI telah P21.

    Baca juga:  Kabulkan Gugatan Suyanto, Bawaslu: KPU Papua Barat Lakukan Pelanggaran Pemilu

    Selain itu penanganan kasus Tipikor di Polda Papua Barat saat ini yang masih terus bergulir diantaranya Kasus Hibah Bawaslu Kabupaten Pegunungan Arfak dan Dana Hibah untuk pengurus persatuan bola Volly seluruh Indonesia PBVSI Provinsi Papua Barat yang saat ini masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari BPKP Papua Barat.

    Dalam pengungkapan kasus korupsi uang rakyat itu, terdapat tiga orang ditetapkan sebagai tersangka yakni mantan Ketua Harian DI dan Bendahara Umum KONI AW yang juga pengurus Cabor di KONI serta staff KONI LS.

    Baca juga:  Musrenbang Tingkat Distrik Digelar Serentak di Manokwari, ini Kata Bupati Hermus

    Total kerugian negara dalam kasus tindak pidana korupsi dana hibah untuk KONI Papua Barat mencapai Rp32,079 Miliar. Penyidik juga berhasil menyita uang tunai, Tanah Mobil dan Rumah di kawasan Sowi Marampa Distrik Manokwari Selatan.(LP3/Red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...