27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Polda Papua Barat Duga PETI Tersebar di Sejumlah Daerah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Papua Barat menduga terjadi aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di Papua Barat.

    Dirkrimsus Polda Papua Barat, Kombes Pol. Romylus Tamtelahitu, mengatakan PETI merupakan tindak kejahatan yang akan diproses secara hukum.

    “Memang praktik pertambangan ilegal di Papua Barat isunya terjadi di Pegunungan Arfak dan Wasirawi. Sudah sejak 2015 lalu Polda Papua Barat mengungkap praktik pertambangan ilegal ini. Bahkan di tahun ini sudah ada 31 tersangka termasuk di dalamnya merupakan investornya dan juga peralatan-peralatan beratnya,” ujar dia, Kamis (16/6/2022).

    Baca juga:  HUT Korps Polairud, Kapolda Papua Barat: Tingkatkan Profesionalitas, Jadi Kebanggaan Masyarakat

    Dikatakannya, praktik PETI pada lahan konservasi maupun hutan lindung memiliki dampak yang luas hingga ke lingkungan sekitar. Pasalnya, dalam aktivitas pertambangan ilegal itu juga menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri.

    Baca juga:  Seleksi Taruna Akmil 2022, Pangdam Kasuari Ingatkan Pansel: Jangan Main-main!

    “Memang untuk sementara itu baru terpantau di dua tempat. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga terjadi di kawasan lainnya. Sehingga jika ada bukti praktik serupa bisa disampaikan ke kepolisian. Dalam aktivitas pertambangan ilegal ini ada yang dilakukan secara tradisional oleh masyarakat, tetapi juga oleh perusahaan besar,” tambahnya.

    Baca juga:  Putra Papua Piet Bukorsyom Resmi Dilantik jadi Kepala Kanwil Kemenkumham Papua Barat

    Dia memastikan dalam penegakan hukum pertambangan emas ilegal akan tetap diproses secara hukum. Meskipun begitu, dia pun mengakui dalam pengungkapan terjadi terkendala karena luasnya kawasan maupun sulitnya akses menuju lokasi pertambangan ilegal. (LP3/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Jalin Kekompakan Antar Anggota, Polres Teluk Bintuni Gelar Berbagai Lomba 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menggelar berbagai lomba antar anggota kepolisian. Lomba dipusatkan di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...