26.4 C
Manokwari
Minggu, Juli 14, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Polda Papua Barat akan bentuk tim tindak penambangan emas ilegal

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapuabarat.com- Kapolda Papua Barat, Irjen Polisi Tornagogo Sihombing akan membentuk tim khusus untuk menindak aksi penambangan emas ilegal di sejumlah daerah provinsi ini

    “Dari kasus sebelumnya sudah banyak tersangka yang kami tangkap, diantaranya pemodal yang berada di Makassar. Untuk ilegal mining kami tidak akan main-main,” ucap Kapolda pada rillis akhir tahun, Selasa (29/12)

    Ia mengutarakan bahwa penanganan dan pengawasan penambangan emas di Papua Barat cukup sulit, karena terkendala masalah geografis. Kendati demikian pihak akan berusaha melakukan pengawasan dan penindakan secara maksimal.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Kirim Delapan Orang Masuk Akpol

    “Ada beberapa lokasi penambangan ilegal di Papua Barat dan semua sulit dijangkau dengan perjalanan darat. Ini kendala utama dan kami belum punya helikopter,” katanya.

    Polda Papua Barat sudah merencanakan kegiatan operasi pada tahun 2020 namun belum bisa terlaksana karena kendala tersebut. Diupayakan hal itu dapat terlaksana mulai tahun 2021.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Dikatakan Bajingan, Massa di Papua Barat Aksi Tutup Mulut Peringati Rocky Gerung

    Menurut Tornagogo, Polda Papua Barat didukung penuh Kodam XVIII/Kasuari. Dalam operasi ini TNI dan Polri akan bergerak bersama-sama.

    Selain Manokwari, penambangan emas ilegal diduga terjadi di wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak, Tambrauw serta Kaimana.

    Dalam kasus ilegal mining ini Polda Papua Barat sudah menangkap beberapa tersangka. Mereka telah menjalani proses hukum atas aksi kejahatan yang dilakukan.

    Baca juga:  Safari Ramadhan di Masjid An-Nur, Bupati Sampaikan Pesan Merawat Keberagaman  

    Selain pemodal dari Makassar Polisi pun pernah menangkap beberapa warga negara asing asal China. Mereka diringkus dilokasi penambangan di Manokwari dan Tambrauw.

    “Tahun 2021 kita akan siapkan kegiatan operasi secara komprehensif untuk memastikan tidak ada lagi aksi penambangan emas ilegal di wilayah Papua Barat. (LPB1/red)

    Latest articles

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng Awards 2024. Dia juga mengaku bangga dengan para peraih penghargaan...

    More like this

    Bripka Septinus Arui Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si memberikan apresiasi terhadap gelaran Hoegeng...

    Petani Papua Barat Keluhkan Pupuk Belum Tersalur, Terhambat Administrasi

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus...

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...