26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Papua Barat Desak Pelaku Penyerangan di Fakfak Ditangkap

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengutuk keras aksi penyerangan di Distrik Kramomongga, Kabupaten Fakfak. Ia mendesak agar pelaku segera ditangkap.

    “Saya mengutuk dengan keras perilaku secara keji seperti itu. Kami di Fakfak tidak mengenal kekerasan seperti itu. Saya tidak tahu kenapa mereka sampai emosional begitu,” ujar Waterpauw, Kamis (17/8/2023).

    Dalam penyerangan yang terjadi, Selasa (15/8/2023) malam, Kepala Distrik, Darson Hegemur, mengalami luka parah akibat penganiayaan dan kemudian meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Fakfak.

    Baca juga:  Tutup Rakor Fordasi, Waterpauw Harap Tumbuhkan Semangat Perubahan

    “Dia (Kepala Distrik Kramomongga yang tewas dalam penyerangan) anak daerah dan anak yang potensial. Saya tidak tahu apa alasannya, tapi saat ini dalam penyelidikan dan saya harap segera ditemukan pelakunya,” ungkap Waterpauw.

    Situasi di Distrik Kramomongga, kata dia, saat ini sudah terkendali. Namun, dampak kejadian itu membuat beberapa warga dan guru yang bertugas di sana merasa tidak aman dan memilih untuk meninggalkan lokasi.

    Baca juga:  Pertahankan WTP, Pekan ini, MPTGR Papua Barat Putuskan Hasil Sidang Empat OPD

    Waterpauw bersama Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, dan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, akan bertolak ke Fakfak, Jumat (18/8/2023).

    “Saya dengan Kapolda dan Pangdam rencana pagi (Jumat) menggunakan pesawat khusus kita berangkat ke Fakfak untuk mengikuti pemakaman dan sekaligus datang ke tempat kejadian,” katanya.

    Waterpauw juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membantu pihak keamanan dalam mengungkap fakta-fakta terkait penyerangan ini.

    Baca juga:  Disebut "Hidup Makmur Pakai Dana Desa", Pendamping Desa Desak Djimmy Minta Maaf

    “Saya sering melalui (berada di Distrik Kramomongga). Menurut saya selama ini aman-aman saja dan damai-damai saja. Saya tidak tahu apa latar belakang sehingga kita perlu ungkap apa yang terjadi,” ungkapnya.

    Dengan kunjungan Kapolda Papua Barat dan Pangdam XVIII/Kasuari diharapkan akan membantu mengungkap kebenaran di balik penyerangan ini. Waterpauw berharap agar keadilan dapat segera ditegakkan. (LP9/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung...

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...