25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Pertama di Papua Barat, MRI-Momografi Segera Dioperasikan Juli  

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Direktur Rumah Sakit Umum Papua Barat Arnold Tiniap mengatakan, Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan momografi siap dioperasikan dalam pelayanan kesehatan di Papua Barat, Juli mendatang. MRI merupakan alat penunjang diagnostik dengan tingkat akurasi lebih tinggi.

    “MRI merupakan pemeriksaan medis untuk menampilkan citra dari struktur rangka tubuh atau organ dalam pasien. Dari pemeriksaan MRI, dokter akan mendapatkan gambar bagian tubuh pasien yang dipindai untuk menentukan langkah tindakan medis berikutnya,” jelas Arnold, Senin (14/6/2024).

    Baca juga:  RSUD Papua Barat Kini Miliki Ruang Pusat Terapi Jiwa dan Rehabilitasi Narkotika

    RSU Papua Barat merupakan rumah sakit pertama di Papua Barat dan Papua Barat Daya yang mengoperasikan alat ini. Sedangkan momografi adalah tes pemindaian yang dilakukan untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan menggunakan teknologi foto rontgen.

    “Selama ini dokter memeriksa kanker payudara hanya secara manual tetapi jika alat momografi ini sudah bisa dioperasikan maka akan sangat membantu,” ujarnya.

    Baca juga:  Dance Sangkek Resmikan Kantor Kas Bank Papua di RSUD Papua Barat

    Dijelaskan Arnold, kedua alat sementara masih dalam pengujian dan pelatihan tenaga serta penentuan tarif yang untuk nantinya layak dalam pelayanan kepada masyarakat. Alat ini diperkirakan siap digunakan dalam pelayanan kesehatan di bulan Juli.

    “MRI dan momografi diharapkan dalam waktu dekat ini bisa ditentukan tarif agar alat itu bisa dioperasikan. Alat ini juga telah dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa alat ini benar-benar siap digunakan, ” katanya.

    Arnold menyampaikan, agar alat itu bisa digunakan maka ada 2 pilihan. Pertama menunggu peraturan gubernur atau membuat peraturan direktur sementara yang berlaku selama 6 bulan. Hal ini dilakukan untuk menentukan tarif yang sesuai agar alat tersebut bisa segera dioperasikan.

    Baca juga:  DPRD Manokwari Minta APBD 2022 Lebih Berpihak pada Rakyat

    “Kita punya tarif pergub yang sebelumnya itu belum mengakomodir untuk alat MRI dan Momografi dan jika revisi pergub terlalu lama sampai akhir tahun maka kita akan buat peraturan direktur sementara,” imbuhnya.(LP14/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...