25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Pemilu 2024, DPD PKS Manokwari Inginkan Format Dapil 2019

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari telah melakukan uji publik terhadap rancangan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

    Dalam uji publik itu terdapat dua opsi yang ditawarkan. Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Manokwari, Masrawi Aryanto, pihaknya menginginkan agar pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti masih menggunakan dapil seperti 2019 yang lalu.

    Baca juga:  PKS Papua Barat Optimistis Rampungkan Perbaikan Berkas Bacaleg sebelum Deadline

    “Dari dua opsi yang ditawarkan oleh KPU, PKS menyarankan agar menggunakan dapil sesuai dengan tahun 2019 yang lalu. Karena tidak ada perubahan yang signifikan. Kalau disampaikan dari KPU adanya wilayah yang berjauhan, sebenarnya seluruh wilayah Manokwari sudah bisa diakses jalur darat sehingga tidak ada kesulitan wilayah,” ujar Masrawi, Rabu (14/12/2022).

    Baca juga:  Manokwari Tuan Rumah Putri Citra Indonesia, Aulia Ayu Triningtias Imbiri Siap Harumkan Nama Daerah

    Masrawi mengungkapkan, KPU Manokwari juga menawarkan opsi kedua, yaitu terjadi perubahan di dalam wilayah dapil. Namun, dia menganggap bertentangan dengan aturan.

    “Kalau opsi kedua ada kelurahan yang diubah dari dapil. Padahal, seharusnya kalau mau diubah harus setara, misalnya distrik digabungkan dengan distrik, bukan perubahan kelurahan dengan distrik dalam satu dapil,” ucap anggota DPRD Manokwari ini.

    Baca juga:  Warinussy: Aksi Arogan Oknum Polisi di Kediaman Jaksa Coreng Citra Polri

    Sementara itu, berkaitan dengan penambahan kursi dari 25 kursi menjadi 30 kursi di DPRD Manokwari, Masrawi berharap dapat dibagikan proporsional di tiap dapil. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...