24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    Pemeriksaan Sampel COVID-19 BKO TNI di RSU Papua Barat Selesai

    Published on

    Manokwari–Petugas laboratorium Rumah Sakit Umum (RSU) Papua Barat telah menyelesaikan pemeriksaan sampel usap atau swab COVID-19 dari para pasukan BKO TNI Angkatan Darat di Manokwari.

    Direktur RSU Papua Barat, Arnoldus Tiniap menyebutkan pada pemeriksaan pertama, 36 dari 411 personil yang didatangkan dari sejumlah Kodam di Indonesia itu terkonfirmasi positif COVID-19. Dari temuan itu, seluruh personil akhirnya dilakukan pemeriksaan.

    “Semua sudah kami periksa dan hasil RT-PCR (real time polymerase chain reaction) sudah ada. Tapi sesuai kesepakatan, hasilnya kami kembalikan ke institusi,” sebut Arnold.

    Baca juga:  Umat Muslim Amban Salat Id di Masjid Darululum, Kurban 16 Sapi-2 Kambing

    TNI AD pada akhir Juni 2020 mengirim sebanyak 411 pesukan BKO untuk mendorong pembentukan Kodim dan Koramil di sejumlah daerah Papua Barat. Mereka tiba di Manokwari secara bertahap di Manokwari pada 28 Juni hingga 2 Juli 2020.

    Sebelum dikirim ke satu Kodim difinitif dan enam Kodim Persiapan mereka menjalani pembekalan di Kodam XVIII/Kasuari selama 15 hari dari 2 hingga 15 Juli 2020.

    Baca juga:  Warga Distrik Ransiki Mansel Diduga Meninggal Akibat Vaksin, Warga Tutup Akses Utama Ransiki

    “Hasil pemeriksaannya kami belum bisa umumkan, sudah kami serahkan dan informasinya akan disampaikan ke pimpinanya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Kita menunggu petunjuk selanjutnya,” kata dia menambahkan.

    Arnold membenarkan, saat awak media mencoba memastikan bahwa dari ratusan sampel yang telah diperiksa itu diantaranya ada yang menunjukan hasil positif.

    Pada kesempatan sebelumnya, Tiniap menyebutkan, dari temuan kasus positif COVID-19 pasukan BKO TNI itu pihaknya juga telah melakukan penelusuran kontak untuk memastikan penularanya. Selain di kalangan internal Kodam XVIII/Kasuari, tracing kontak juga dilakukan terhadap warga yang bermukim di sekitar Badan Diklat Pemprov Papua Barat di Anday, Manokwari.

    Baca juga:  Hadiri Halal bi Halal DPD HIKMA Manokwari, Bupati Hermus Ajak Jaga Kebhinekaan

    Menurut Tiniap, sudah puluhan warga disekitar Badan Diklat menjalani pemeriksaan swab di RSU Papua Barat

    “Pasukan BKO ini kan dikumpulkan dan menjalani pembekalan di Badan Diklat. Untuk mengantisipasi penularan di kalangan warga, maka penelusuran bagi warga perlu kita lakukan,”ujarnya.(*/LPB1)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Ali Baham Intervensi Stunting di Kampung Sumber Boga, Temui Keluarga Bayi Kembar Tiga

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pejabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, bersama Satgas Stunting...

    Hermus Indou-Mugiono Raih Dukungan PPP di Pilkada Manokwari 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada petahana Bupati...

    Kejati Papua Barat Anjangsana Peringati Hari Bhakti Adhyaksa

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Muhammad Syarifuddin, didampingi oleh Wakil Kepala Kejaksaan...