25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Pembentukan Jumantik Pada Setiap Rumah jadi Garda Terdepan Pencegahan DBD

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat bersama Dinkes Kabupaten Manokwari menggelar sosialisasi Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Posyandu Aisyiyah RT 4/RW 15 Kompleks Manorian Kelurahan Manokwari Barat Sabtu (13/1/2024) Sore.

    Sosialisasi tersebut diikuti petugas kesehatan Provinsi Papua Barat, kabupaten Manokwari dan Puskesmas Sanggeng, serta puluhan warga setempat. Petugas kesehatan juga memberikan praktek kepada warga untuk menilai kelayakan pekarangan rumah yang menjadi potensi perkembangbiakan jentik nyamuk.

    Baca juga:  DPRD Manokwari Rekomendasikan Pembangunan Fasilitas Pendidikan dan Jembatan Penyeberangan

    Kepala TU Puskesmas Sanggeng Lumiana Hutapea dalam kesempatan itu mengungkapkan sosialisasi bertujuan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang pencegahan dan pengendalian penyakit demam berdarah.

    “Kasus DBD semakin meningkat sehingga kita mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk menjadi jumantik atau juru pembasmi jentik di rumah masing-masing,” ungkap dia.

    Baca juga:  Banyak Program OPD Tak Sejalan Hasil Reses, DPR PB Minta Sinkronisasi

    Sebagai upaya mencegah DBD, pembentukan Jumantik (Juru pembasmi jentik) sebagai salah satu cara untuk memberantas jentik-jentik nyamuk agar tidak menjadi nyamuk dewasa yang bisa menyebabkan penularan penyakit demam berdarah.

    “ Kesepakatannya yaitu mereka akan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan termasuk membasmi jentik pada setiap hari Minggu selama 10 menit,” tambah dia.

    Baca juga:  Perbaiki Pengelolaan Pendidikan, DPRD Sodor 5 Usulan untuk Pemda Wondama

    Sementara itu, ketua RT 4/ RW 15 Tarman mengaku berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten yang telah membekali warga dalam penanganan dan pengendalian DBD. Ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.(LP3/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...