28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Pelatihan Resolusi Konflik, LP3BH Manokwari Singgung Pembentukan Perwakilan Komnas HAM

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Kabupaten Manokwari menggelar pelatihan resolusi konflik selama tiga hari, Kamis (26/8/2021) dan berakhir pada Sabtu (28/8/2021).

    Pelatihan diikuti 30 orang peserta yang berasal dari Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), aktivis mahasiswa, kelompok kerja perempuan, advokat dan paralegal serta masyarakat adat di Manokwari dan Teluk Wondama.

    Sementara, peserta dari Kabupaten Fakfak, Kaimana, dan Sorong yang semula akan hadir akhirnya batal karena alasan situasi pandemi Covid-19.

    Baca juga:  Enam Penambang Emas di Waserawi Divonis Enam Bulan Penjara

    “Pelatihan ini merupakan bagian dari program besar LP3BH Manokwari dalam mendorong perdamaian di tanah Papua,” kata Yan Cristian Warinussy, Direktur LP3BH Manokwari, Minggu (29/8/2021).

    Terutama, kata Warinussy, dalam konteks menginisiasi lahirnya Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Manokwari, Papua Barat. Sekaligus mengimplementasikan amanat pasal 45  Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

    Baca juga:  Peresmian Nama Polres Manokwari jadi Polresta Tunggu Skedul Sejumlah Pejabat

    “Diamanatkan bahwa pemerintah Indonesia dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat bertanggung jawab menginisiasi langkah penghormatan HAM di tanah Papua, khususnya di Papua Barat. Salah satu langkah adalah mendorong pembentukan Perwakilan Komnas HAM di Manokwari, Papua Barat,” bebernya.

    LP3BH Manokwari pun telah melahirkan sebuah kelompok bernama Tim 17 yang diketuai Paul Finsen Mayor.

    Langkah pembentukan Komnas HAM tinggal menantikan adanya surat dari Gubernur Papua Barat berisi permintaan didirikannya Perwakilan Komnas HAM di Manokwari.

    Baca juga:  Didampingi Kuasa Hukum, Mahasiswa Unipa Penuhi Panggilan Penyidik Polres Manokwari

    Surat itu ditujukan kepada Ketua Komnas HAM RI di Jakarta. Komnas HAM RI dapat melakukan koordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) demi kepentingan penyiapan perangkat kerja dan perekrutan sumber daya manusia (SDM) di Perwakilan Komnas HAM RI tersebut. (LP2/red)

    Latest articles

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis...

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan dipusatkan di alun-alun Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni....

    More like this

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...

    Pemekaran 203 Kampung di Pegaf Papua Barat Masuk Tahap Akhir

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asisten I Setda Papua Barat, Oktavianus Mayor, menyampaikan pemekaran calon kampung...