28.4 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28.4 C
Manokwari
More

    Ombudsman Segera Rilis Tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik Pemkab Mansel

    Published on

    MANSEL, Linkpapua.com – Ombudsman Papua Barat akan segera merilis hasil penilaian tingkat kepatuhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari Selatan dalam pelayanan publik. Ombudsman melakukan bedah kinerja pada hampir seluruh OPD sejak 2021.

    “Penilaian dilakukan pada tahun 2021 kemarin, ini merupakan penilaian perdana untuk Kabupaten Manokwari Selatan,” kata Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat Yunus Kaipman saat berkunjung ke Kabupaten Mansel, beberapa hari lalu.

    Baca juga:  Miliki Puluhan Anak Asuh di Manokwari Selatan, Waterpauw Minta Orang Tua Setop Konsumsi Pinang

    Yunus menjelaskan bahwa penilaian dilakukan di sejumlah organisasi perangkat daerah. Yang menjadi dasar penilaian adalah hal yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

    Beberapa OPD yang dinilai antara lain dinas kesehatan, dinas pendidikan, PTSP, serta rumah sakit dan dua puskesmas. Penilaian menggunakan metode observasi.

    Baca juga:  Plt. Sekda Minta OPD Persiapkan HUT Mansel, Pasang Umbul-umbul dan Bersihkan Jalur Protokol

    “Dalam melakukan penilaian kita turun langsung ke lapangan. Ada 9 kriteria yang kita pantau di masing-masing instansi yang kita nilai. Kesembilan kriteria tersebut merupakan indikator untuk menentukan apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik,” katanya.

    Pada kesempatan itu, Yunus juga menyampaikan bahwa penilaian terhadap kepatuhan pemerintah daerah terhadap UU 25 Tahun 2009 ini akan terus mereka lakukan. Dan untuk Papua Barat sendiri semua daerah sudah mereka jangkau.

    Baca juga:  Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    Meski enggan membeberkan hasil penilaian untuk tiap-tiap kabupaten namun Yunus menginformasikan bahwa pemerintah dengan pelayanan publik terbaik di Papua Barat masih dipegang Pemerintah Kota Sorong. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua...

    0
    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam mengusut tiga proyek jalan di Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan...

    More like this

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...

    Pisah Sambut Kapolres Mansel, AKBP Yulianor Abdi: Saya akan Lanjutkan Kebaikan

    MANSEL, linkpapua.com - Kapolres Manokwari Selatan resmi berganti. Pisah sambut berlangsung di Mapolres Mansel,...

    Kantor DKPP Mansel Terbakar, Seluruh Sarana dan Dokumen Ludes

    MANSEL,linkpapua.com- Kebakaran melanda Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Manokwari Selatan, Rabu...