28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    Langgar Protokol Kesehatan, Siap-Siap Kena Sanksi

    Published on

    MANOKWARI – Dengan telah disusunnya Peraturan Bupati tentang protokol kesehatan maka semua warga di Manokwari wajib mematuhinya.

    Ketua harian gugus tugas corona virus disease (Covid-19) Manokwari, drg. Hendri Sembiring mengatakan setelah di berlakukan terdapat sejumlah sanksi bagi yang melanggar.

    “Perbup tinggal ditandatangani oleh bupati lalu disosialisasikan ke masyarakat. Dengan begitu semua masyarakat termasuk pemilik usaha bisa mengetahui perbup ini. Didalam perbup sudah dilengkapi aturan dan sanksi yang diberikan jika melanggar dengan mendapat pendampingan dari OPD terkait. Misalnya ada toko yang tidak mematuhi aturan itu bisa saja mendapat teguran dari Dinas perijinan, kalau apotik diawasi oleh dinas kesehatan,” ujar Sembiring Senin (7/9/2020).

    Baca juga:  HUT Manokwari, Bupati Hermus Berikan "Kado" untuk para Kepala Suku

    Selain sanksi administrasi, terdapat juga sanksi sosial.

    “Tidak ada sanksi berupa denda yang dibayarkan bagi pelanggar peorangan. Karena itu juga tidak bisa mendidik. Denda hanya diberikan bagi pemilik usaha atau perusahaan. Sebagai ganti ada sanksi sosial yang bisa diberikan bagi perorangan yang melanggar. Misalnya menyapu jalan, push up, menghafal pancasila. Itu bisa memberikan efek jera. Memang yang jadi kendala ini usaha-usaha yang belum ada payung hukumnya, seperti Pedagang Kaki lima (PKL) yang biasa jualan malam hari sehingga menjadi himbauan,” tambahnya.

    Baca juga:  Tiba di Manokwari, Mentan SYL Langsung ke Kampung Desay

    Sanksi terberat bagi tempat usaha yang melanggar perbup, sanksinya dari yang sedang yaitu ijin dicabut sementara hingga yang terberat ijin dicabut secara permanen. Gugus tugas menargetkan sepekan ini akan disosialisasikan.(LPB3)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Distrik Manokwari Barat Upayakan Percepatan Capaian PIN Polio

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk mengatasi kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi tanah Papua, Pemerintah...

    Hadiri HUT Ke-6 Jemaat GPKAI, Dominggus Mandacan Beri Bantuan Rp50 Juta

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan menghadiri agenda pentahbisan dan perayaan HUT...