24.2 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.2 C
Manokwari
More

    KPU Papua Barat ajak warga wujudkan Pilkada sehat

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat mengajak warga atau pemilih mewujudkan Pilkada yang sehat di daerah ini.

    “Kita sedang berada ditengah pandemi COVID-19, banyak pihak khawatir Pilkada ini menjadi klaster baru. Karenanya butuh kesadaran semua pihak untuk taat menjalankan protokol kesehatan pada pemungutan suara 9 Desember besok,” ucap Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya, Selasa (8/12).

    Paskalis menjelaskan KPU telah menyiapkan skenario protokol kesehatan TPS pada pemungutan suara. Penerapannya pun akan diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

    Baca juga:  Sekda Fakfak sambut hangat kunjungan Tim Pemekaran Kokas

    Ia memastikan seluruh sarana prasana pendukung protokol kesehatan sudah terdistribusi ke seluruh TPS di Papua Barat. Pihaknya menyiapkan sebanyak 1.879 TPS di sembilan daerah penyelenggara pilkada.

    “Tips agar pemilih aman dari COVID-19 pada pemungutan suara ya harus taat terhadap protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan sebelum dan setelah mencoblos, kenakan sarung tangan yang disiapkan KPPS, jaga jarak dan langsung pulang setelah mencoblos,” katanya menjelaskan.

    Baca juga:  Resmi Beroperasi, Pangdam Kasuari Tunjuk Letkol Alexander Jadi Dandim Pertama Kodim Pegaf

    Paskalis mengutarakan standar aman COVID-19 tidak hanya diterapkan bagi pemilih. Untuk penyelenggara pihaknya pun menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.

    “APD jelas wajib bagi penyelenggara di KPPS. Mereka dipastikan sehat serta sudah menjalani rapid test. Untuk TPS akan ada penyemprotan disinfektan secara berkala,” katanya lagi.

    Pada pemungutan suara besok, lanjut Paskalis, KPPS pun akan memberikan perlakuan khusus bagi pemilih yang terdeteksi memiliki subuh tubuh diatas 37,3 derajat celcius. Bilik khusus juga telah dipersiapkan bagi mereka, termasuk pemilih yang tercatat sebagai pasien aktif COVID-19.

    Baca juga:  Kabar Baik! Hari Ini 326 Pasien Covid-19 di Papua Barat Sembuh

    Pilkada serentak di Papua Barat akan dilaksanakan di Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat serta Sorong Selatan.

    Semunya memastikan KPU di sembilan daerah itu telah siap melaksanakan Pilkada serentak. Seluruh KPPS saat ini sedang menyiapkan TPS. (LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...