26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Ketua PPA Papua Barat: Yospan Adalah Simbol Perekat Anak-anak Papua

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com-Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Papua Barat menginisiasi lomba Yosam Pancar (Yospan), Sabtu (23/9/2023). Gelaran Yospan adalah salah satu agenda budaya untuk merekatkan interaksi antar anak anak Papua

    “Yospan adalah budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Kita bisa merekatkan hubungan antar anak Papua lewat budaya lokal ini,” ujar Ketua PPA Papua Barat, Indrayanty Yemima Mandacan.

    Indrayanty Yemima mengungkapkan, kegiatan bukan sekadar lomba. Tetapi sebuah nilai. Di dalamnya ada budaya. Ada kearifan lokal. Dan juga ada spirit kekerabatan.

    “Kita bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan itu baik, dan hari ini (red) PPA Papua Barat bisa melaksanakan Yospan jalan yang merupakan bagian dari budaya orang Papua secara khusus suku-suku yang mendiami daerah pesisir di Tanah Papua. Dari sini kita lahirkan kekerabatan dan mengeratkan kembali hubungan antarsuku di Papua,” kata Indrayanty Yemima Mandacan kepada awak media.

    Baca juga:  Pimpin PPA PB, Indrayanti Y Mandacan Tantang Perempuan Arfak jadi Nyonya di Negeri Sendiri

    Menurut Indayanty, PPA senantiasa ingin merekatkan orang orang Papua dengan mengangkat simbol simbol kearifan lokal. Yospan dinilai sebagai salah satu wadah yang tepat. Karena sudah menjadi budaya bagi hampir semua orang Papua.

    “Kita memandang pentingnya budaya ini sehingga diakomodir dalam program kerja pada seksi pendidikan dan kebudayaan PPA Papua Barat,” ujarnya.

    Apalagi saat ini secara khusus dalam hal perkawinan tidak lagi terjadi hanya sebatas sesama suku tetapi antara suku yang berbeda.

    Baca juga:  Dominggus Mandacan Yakin PPA akan Lahirkan Banyak Perempuan Potensial

    “Kebanyakan dari kita orang Papua sudah kawin keluar istilah orang tua begitu. Seperti saya misalnya suami dari suku Wondama, adik-adik kami yang lain juga menikah dengan suku Biak, Serui dan suku yang lain juga,” sebut Indrayanti.

    Sebagai Ketua Perkumpulan Perempuan Arfak Indrayanty mengaku bangga karena melalui lomba tersebut dapat melestarikan budaya Papua. Menurutnya, ini sesuatu yang positif yang berbeda dari yang lain.

    Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mengambil bagian dari pergelaran lomba Yospan. Indrayanty berharap agar ke depan Yospan bisa menjadi kalender tetap dan dibuat lebih meriah.

    Baca juga:  Pastikan Stok Aman, Gubernur Papua Barat dan Forkopimda Cek Distributor Obat

    Indrayanty mengemukakan, Lomba Yospan juga berimplikasi positif terhadap dunia pendidikan. Kegiatan ini menjadi muatan lokal di sekolah sehingga kecintaan pada budaya Papua tetap dilestarikan sejak dini.

    “Terima kasih juga kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi. Tuhan memberkati semua yang telah terlibat dalam kegiatan ini,” ucapnya.

    Ucapan terima kasih juga lebih Lanjut Putri terbaik Arfak ini, disampaikan kepada Pj Ketua TP PKK Papua Barat Ibu Roma Megawanty Waterpauw yang telah mendukung kegiatan dimaksud dengan menyediakan Doorprise. (LP1-red) 

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...