24.2 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.2 C
Manokwari
More

    Kepesertaan BPJamsostek 52.317 pekerja rentan Papua Barat ditanggung Pemprov

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapuabarat.com-Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kamis (10/12) menandatangani kesepakatan penanggungan 52.317 pekerja rentan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

    “52 317 ini pekerja rentan di sektor formal maupun informal. Mereka tersebar di seluruh kabupaten dan kota,” kata Gubernur.

    Domunggus menjelaskan pembayaran iuran ini dilakukan melalui program tangan kasih yang dilaksanakan Pemprov. Iuran selama satu tahun kedepan akan dibayar melalui APBD.

    Baca juga:  Dukung Pertumbuhan UMKM, BI-Pemprov Papua Barat Luncurkan Program Kasuari

    “Setelah penandatangan berita acara kerja sama tadi, dalam waktu dekat anggaranya sudah bisa dicairkan dan akan langsung kita bayarkan,” katanya.

    Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Papua Barat, Frederik Saidui menjelaskan kartu kepesertaan 52.317 pekerja itu segera aktif setelah pembayaran dilakukan.

    Baca juga:  DLHP PB Gelar Lomba Melukis Tong Sampah Daur Ulang, Pemenang Dijadikan Ikon Daerah

    “Satu orang kita bayar Rp 201.600 per tahun kepada BPJS Ketenagakerjaan. Tanggungjawab pembayaran pemerintah provinsi yang tanggung, mereka tinggal menikmati haknya,” sebut Saidui.

    Dia menjelaskan pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek akan mendapatkan sejumlah fasilitas. BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung pembiaya pengobatan saat mereka mengalami kecelakaan kerja.

    Baca juga:  Polisi Terus Kejar KKB Pelaku Penyerangan di Moskona

    “Kalau meninggal akan diberikan satuan yang diserahkan kepada ahli waris. Selain itu anaknya pun berhak mendapat beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan sampai di bangku kuliah,” katanya lagi.

    Saidui berharap pada tahun 2021 pihaknya bisa menambah jumlah peserta dari pekerja rentan yang ditanggung Pemprov Papua Barat.(LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...