25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Kemenkes Minta RSUD Papua Barat Segera Naik Tipe B

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Sesditjen Kemenkes) Azhar Jaya mengatakan, bangunan RSUD Papua Barat sangat megah. Kemegahan ini harus disertai pelayanan yang baik kepada masyarakat.

    “Bangunan ini tidak hanya megah secara fisik namun pelayanannya seperti lebih baik. Sehingga RSUD Papua Barat bisa menjadi kebanggaan masyarakat Papua Barat dan dapat memberikan pelayanan yang baik,” kata Azhar saat peresmian RSUD Papua Barat, Senin (9/5/2022).

    Kendaraan SDM kata dia sangat penting dalam proses pelayanan. Pemenuhan SDM kata dia tidak diselesaikan oleh Pemda Papua barat saja namun pemerintah pusat juga mempunyai andil dalam pemenuhan SDM.

    Baca juga:  Gubernur ajak warga jangan Golput pada pilkada 2020

    “Kami sudah rapat beberapa tenaga spesialis yang bandel kami akan kembalikan ke provinsi Papua Barat sesuai perjanjian awal,” katanya.

    Sehingga nantinya bisa melayani masyarakat dengan sebenar benarnya. Kata Azhar, menteri juga ingin RSUD Papua Barat bisa menjadi RS kelas B bukan kelas C. RS ini harus bisa menjadi tipe berskala nasional.

    Baca juga:  Peringati HUT ke-71, Kumdam Kasuari Gelar Serangkaian Kegiatan Amal

    “Kalau bisa setelah peresmian segera ijin operasionalnya dikeluarkan didaftarkan ke pusat sehingga kita bisa sama-sama membangun untuk perbaikan ke depan,” paparnya.

    Dijelaskan Azhar, menteri akan mengeluarkan SK RSUD Papua Barat agar menjadi RS rujukan untuk jantung, stroke, ginjal. Proyeksi ini diharapkan sudah bisa terealisasi pada tahun 2022 sampai 2024.

    “Masih fokus sama stroke dan jantung.
    Harus ada fasilitas ini karena hitungan jam kalau tidak tangani baik bisa meninggal,” paparnya.

    Sementara, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan peresmian RSUD Papua Barat merupakan bagian dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

    Baca juga:  Anggaran Lambat Kucur, Sekretaris DPR PB Tetap Agendakan Kunker ke Daerah

    “Kita harap apa yang disampaikan kementerian bisa ditindaklanjuti untuk menaikkan tipe RSUD. Fasilitas dan tenaga medis harus perlahan dipenuhi untuk pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

    Dia mengungkapkan, merawat bangunan RSUD Papua Barat menjadi tanggungjawab bersama. Dia mengaku bangga atas peresmian hari ini.

    Dominggus menginginkan tenaga medis dan seluruh karyawan RSUD dapat memberikan pelayanan dengan tulus dan baik kepada masyarakat.(LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...