25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Kasihiw Kagum Estetika RS Pratama Babo: Tapi Pelayanan yang Utama

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw meresmikan beroperasinya Rumah Sakit (RS) Pratama Babo, Kamis (13/6/2024). Petrus mengingatkan, kehadiran RS Pratama Babo harus mengedepankan pelayanan.

    “Saya kagum dengan estetika rumah sakit. Tapi estetika saja tidak cukup. Yang paling utama adalah kehadiran RS ini harus bisa dirasakan masyarakat,” ujar Petrus.

    Diakui Petrus, RS Pratama belum sepenuhnya sempurna dari sisi sarana dan prasarana. Akan tetapi di tengah keterbatasan itu pelayanan dasar sudah harus berjalan.

    “Karena kita tidak bisa menuggu semua lengkap baru masyarakat dilayani. Maksimalkan yang ada. Layani publik dengan baik,” ujarnya.

    Baca juga:  Pansus DPR PB Revisi Undang Gelar Sosialiasi Pokir Sejumlah usulan draf RPP UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus di Oransbari

    Ia menjelaskan, upaya pemerintah dengan menghadirkan rumah sakit adalah untuk menyelamatkan serta menyehatkan masyarakat. Pelayanan menjadi tanggung jawab yang utama.

    Petrus juga berharap, rumah sakit ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik terutama ke depan RS Babo harus diakreditasi demi peningkatan mutu pelayanan sesuai standar kesehatan nasional.

    “Ke depannya RS Babo tidak hanya melayani masyrakat, tapi juga akan melayani perusahan-perusahan besar yang ada di wilayah Babo Raya,” tutupnya.

    Baca juga:  Pemkab Raja Ampat Pastikan Anggaran Asrama Mahasiswa Tersalur Rp50 Juta per Tahun

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni, Frangky D. Mobilala, menyebut RS Babo dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBD Teluk Bintuni tahun 2023 sebesar Rp70 miliar.
    Dimana, nilai tersebut terbagi menjadi Rp50 miliar untuk pembangunan sarana dan Rp6 miliar untuk prasarana.

    Sedangkan, Rp16 miliar digunakan untuk pengadaan alat-alat kesehatan.

    Dalam laporannya, Mobilala juga menerangkan, pembangunan fisik RS Babo yang dikerjakan PT. Pentagon berlangsung selama 9 bulan sejak dimulai pada Maret 2023 lalu. Pembangunan RS Babo yang tergolong cepat namun tetap terjaga kualitas bangunannya, Mobilala menyebut tak lepas dari pengawalan dan pengamanan pihak Kejati Papua Barat.

    Baca juga:  Teluk Bintuni Capai UHC 99,17 Persen, Bakal Terima Penghargaan dari Presiden Jokowi

    Meski telah diresmikan, RS Babo masih menyisahkan sejumlah PR. Di antaranya, akses jalan rumah sakit yang menjadi tanggung jawab Dinas PUPR Teluk Bintuni. Serta, pengerjaan tata ruang luar gedung atau lanskap, ruang bersalin, ruang laboratorium dan barak pegawai yang menjadi domain Dinkes. (LP5/red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...