25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Jadikan Manokwari Nol Sampah, Hermus: Kita Buatkan Aturan, Perkuat Sarpras

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, berkomitmen menjadikan Manokwari nol sampah, baik di darat maupun di laut. Aturan akan dibuat untuk mewujudkan cita-cita itu, berikut dengan sarana dan prasaranya (sarpras).

    Hermus mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan revisi terhadap peraturan daerah (perda) sampah dan akan menertibkan peraturan bupati (perbub) tentang satuan tugas kebersihan kota yang mencakup petugas di darat dan penanganan sampah di laut. Petugas ini merupakan pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bekerja tiap hari untuk penanganan sampah.

    Baca juga:  Hermus Apresiasi Peran Kerukunan Pedagang Kuliner Tingkat Perekonomian Daerah

    “Kita akan berupaya membangun infrastruktur di Kota Manokwari yang baik terutama penanganan sampah di muara. Diharapkan penanganan sampah kita lakukan di hulunya yang hari ini kita lakukan ini sampah sudah ada di muara,” kata Hermus usai aksi bersih-bersih laut dan pesisir Teluk Sawaibu dalam rangka bulan bakti gotong royong menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-124 Kota Manokwari, Kamis (3/11/2022).

    “Kita berharap ke depan kita sudah bisa mencegah sampah di hulu. Kita akan lakukan sosialisasi juga kepada seluruh masyarakat kita yang ada di kawasan pesisir,” imbuhnya.

    Baca juga:  Unipa Wisuda 375 Mahasiswa, Rektor: Kita Alami Lompatan Besar

    Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan memperkuat sarana dan prasarana (sarpras) pengelolaan sampah, terutama penyediaan angkutan dan juga bak tempat sampah yang selama ini masih kurang.

    “Saya berharap ini bisa kita tempatkan juga di kawasan pesisir yang selama ini juga menjadi sumber sampah untuk kemudian membuat laut kita jadi kotor,” tuturnya.

    Baca juga:  Bupati Manokwari: Pemkab Terus Berupaya Kembalikan Empat Distrik di Tambrauw

    Pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif, kata dia, akan memikirkan kebijakan yang tepat untuk penanganan sampah di Manokwari.

    “Manokwari ini merupakan rumah kita. Kalau bukan kita yang bertanggung jawab membersihkannya siapa lagi. Kita tidak tinggal di mana-mana, kita tinggal di sini. Mari kita jaga dan lestarikan daerah ini untuk kenyamanan kita dan juga keberlangsungan hidup kita hari ini, tetapi juga untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...