26.8 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Hermus Klaim Perbaikan LHKP Sudah 90%, Kelar Pekan ini

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari sudah menyelesaikan revisi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang dikembalikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pekan lalu. Pemkab mengaku masih membutuhkan masa perbaikan sepekan ke depan.

    “Sudah sekitar 90 persen catatan BPK selesai. Ada beberapa catatan lagi minggu ini akan diselesaikan,” terang Bupati Manokwari Hermus Indou, Kamis (21/4/2022).

    Sebelumnya BPK Perwakilan Papua Barat mengembalikan LKPD Pemkab Manokwari untuk dilakukan perbaikan. BPK menemukan sejumlah kekeliruan. Meski belum bisa disimpulkan sebagai temuan.

    Baca juga:  Bupati Hermus Puji Kehebatan Masyarakat Kei

    Menurut Hermus, perbaikan itu bukan hal yang menonjol. Namun pemda tetap wajib melakukan revisi sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

    “BPK mengaudit tentu sudah sesuai dengan akutansi dan peraturan yang berlaku. Beberapa catatan BPK kita sudah perbaiki 90 persen dan sisanya minggu ini selesai,” ujarnya.

    Hermus mengaku, ketersediaan SDM masih menjadi kendala dalam pembuatan pelaporan. Meski belum maksimal, dia mengaku sudah mengerahkan semua staf untuk berbuat yang terbaik.

    Baca juga:  Kementerian PUPR Serahkan Hasil Program Revitalisasi dan Pembangunan Sekolah di Manokwari

    “Prinsipnya kita sudah mengerahkan staf agar memperbaiki administrasi terkait keuangan daerah,” paparnya.

    Dalam masalah menurut Hermus, bukan hanya Pemda Manokwari yang mendapatkan catatan dari BPK. Beberapa daerah lain juga mengalami hal yang sama. Dan problemnya juga sama. Karena faktor keterbatasan SDM.

    Kepala Sub Auditorat PB 1 BPK RI Perwakilan Papua Barat Hendri Purnomo mengatakan, hasil pemeriksaan selama 30 hari diperoleh beberapa catatan. Catatan itu untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah agar dilakukan perbaikan.

    Baca juga:  Pekan ini, Polda akan Periksa 14 Honorer 'Siluman' Pemprov Papua Barat

    “Kita kembalikan untuk perbaikan sampai penyampaian hasil pemeriksaan pertengahan Mei sudah selesai kalau ada yang perlu ditindaklanjuti harus ditindaklanjuti,” tuturnya kepada wartawan usai pertemuan dengan Bupati manokwari, Rabu (20/4/2022).

    Menurut Hendri, hasil pemeriksaan saat ini masih secara umum. Pihaknya belum bisa menyampaikan hasil secara rinci.

    “Artinya apa yang kita sampaikan saat ini belum final. Masih bisa dilakukan perbaikan sebelum diserahkan ke DPR,” tandasnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...

    Rela Pensiun Dini, Dominggus Rumadas Siap Maju Jadi Calon Bupati Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu putera Doreri, Dominggus Rumadas memutuskan untuk maju sebagai bakal calon...

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...