26.4 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    HBI ke-74, Keimigrasian Siap Menuju Transformasi Layanan Berbasis Digital

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74, Jumat (26/01/2023). Kemenkumham menegaskan, tahun ini Keimigrasian siap menuju transfortasi pelayanan berbasis digital.

    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Taufiqurrakhman saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan bahwa pada perayaan Hari Jadi Imigrasi yang ke-74 ini telah menandakan imigrasi mampu melewati berbagai zaman dan tantangan sehingga mampu menjadi salah satu penjaga kedaulatan negara.

    “Hari ini merupakan momentum istimewa karena kita merayakan pencapaian, dedikasi, dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang Direktorat Jenderal Imigrasi dalam mengawal dan mengisi pembangunan Indonesia,” ujar Taufiqurrakhman.

    Baca juga:  Lagi, Kemenkumham Raih Kualitas Tinggi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

    Ia sangat mengapresiasi capaian Dirjen Imigrasi terutama dalam peningkatan layanan, penyederhanaan layanan dan pengembangan teknologi serta peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2023 yang mencapai 320%.

    “Capaian realisasi PNBP hingga 31 Desember 2023 adalah Rp7,6 triliun. Hal ini merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi telah berkontribusi dalam percepatan perekonomian nasional,” katanya

    Baca juga:  Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Ungkap Capaian dan Tantangan di Jumpa Pers Akhir Tahun

    Lebih lanjut, Imigrasi juga turut berperan penting dalam upaya mengakselerasikan percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui produk kebijakan Golden Visa.

    “Kebijakan Golden Visa diharapkan dapat menarik lebih benyak investasi asing masuk ke Indonesia,” harapnya

    Di samping Golden Visa, ke depan akan dirumuskan turunan kebijakan izin tinggal keimigrasian seperti kemudahan proses alih status dalam ranka menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mengairahkan bagi investor asing.

    Di hari jadi Imigrasi yang ke-74 tersebut, Yasonna H. Laoly berpesan kepada seluruh jajaran Keimigrasian di seluruh Indonesia sebagai bagian dari pemerintah yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan demi kepentingan publik.

    Baca juga:  Reses di Kaimana, Yomima Sorik Janjikan Penyaluran Modal Usaha Bagi Perempuan

    “Perlu diingat bahwa kita semua merupakan bagian dari Pemerintah yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan demi kepentingan publik, melayani Rakyat Indonesia, sekaligus perekat dan pemersatu bangsa,” tandasnya.

    Seusai pelaksaan upacara HBI ke-74 ini, dilakukan pula penyerahan sertifikat Hak Cipta Maskot Kantor Imigrasi Kelas I Manokwari yaitu SIMAMBRUK oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat, Taufiqurrakhman kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto. (*/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Serahkan Hewan Kurban ke Lapas Manokwari, ini Pesan Ali Baham

    MANOKWAR, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan bantuan hewan kurban...

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...