25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Forum Honorer Desak Polda PB Tetapkan Oknum Pegawai BKD Tersangka Kasus Pemalsuan Dokumen CPNS

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Forum Honorer 512 Papua Barat (PB) mendesak Polda Papua Barat menetapkan oknum-oknum di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua Barat sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen pengangkatan CPNS tahun 2018.

    Sebelumnya, penyidik Ditreskrimum Polda Papua Barat telah menetapkan 11 orang sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen itu. Para tersangka diduga memalsukan dokumen agar dapat diangkat sebagai PNS.

    “Kitorang minta sekaligus desak Bapak Kapolda (Irjen Pol Johny Edizzon Isir) dan jajarannya agar jeli melihat kasus pemalsuan dokumen yang saat ini sedang dalam proses. Sebab, peran oknum-oknum di BKD Papua Barat-lah yang menentukan para honorer sebagai PNS,” ujar Virnalisa Auparay, Koordinator Forum 512 Honorer Papua Barat, di Manokwari, Kamis (30/5/2024).

    Baca juga:  PMI Gelar Vaksinasi Massal Besok di Bintuni, ini Lokasinya

    Virnalisa, yang juga merupakan anak dari mantan Sekda Papua Barat, George C Auparay, menilai peran oknum-oknum yang terdiri atas mantan Kepala BKD, beberapa Kabid, dan staf sangat menentukan terjadinya tindak pidana yang saat ini tengah dipersoalkan 512 honorer Papua Barat.

    “Kalau pihak-pihak yang ada di dalam BKD selektif dan taat aturan, pasti tidak akan terjadi pelaku yang memalsukan dokumen bisa lolos PNS di Papua Barat. Ini terjadi karena ada dugaan pembiaran dan indikasi transaksi untuk mengkebiri hak kami,” tegasnya.

    Baca juga:  Menuju PON XXI: Disuntik Rp50 M, KONI Papua Barat Minta Dana Tambahan

    Virnalisa, yang saat ini berstatus honorer di salah satu OPD di Pemprov Papua Barat, juga meminta Kemenpan-RB untuk menghentikan proses rekrutmen CPNS maupun PPPK di Pemprov Papua Barat dengan alasan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung di Polda Papua Barat.

    “Kami harap Bapak Menpan-RB (Abdullah Azwar Anas) agar hentikan dulu proses rekrutmen CPNS maupun PPPK di Pemprov Papua Barat, karena kami khawatir bakal ada korban-korban lain yang senasib dengan kami saat ini,” jelasnya.

    Sebelumnya, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Johny Edizzon Isir, menegaskan penanganan laporan dugaan pemalsuan dokumen CPNS di lingkup Papua Barat saat ini tetap diproses secara profesional. Hal ini disampaikannya saat Coffee Morning dengan wartawan di Manokwari pada Januari 2024 lalu.

    Baca juga:  HUT Ke-61 Karang Taruna, Bupati Teluk Bintuni Harap Terus Jadi Mitra Pemerintah

    “Terus tiba-tiba ada penyusup masuk. Nah, yang kasih masuk penyusup ini siapa,” tuturnya.

    Dia juga menyebut masalah ini sedang diproses Dirkrimum Polda Papua Barat. Pada prinsipnya, kata dia, jangan sampai ada warga yang punya hak, tetapi malah tidak masuk.

    “Ada yang kemudian punya umur masih muda masuk di PPPK, padahal umurnya masih muda harusnya masuk ke CPNS,” ucapnya. (LP2/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...