26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Enam Bulan Beroperasi, RSUD Papua Barat Layani 100 Pasien per Hari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat sudah melayani sekitar 100 orang pasien per hari sejak beroperasi dalam enam bulan terakhir.

    Direktur RSUD Papua Barat, Arnoldus Tiniap, mengatakan pelayanan rumah sakit makin meningkat dan fasilitas serta SDM memenuhi minimal tipe C dengan empat fasilitas dasar poli dalam, bedah, anak, dan kebidanan sudah delapan orang. Kemudian, fasilitas penunjang ada tiga, yakni patologi klinik, radiologi, dan anestesi.

    Baca juga:  Validasi Statistik Perikanan Tangkap Provinsi Papua Barat Tahun 2023

    “Saat ini kita sementara siapkan untuk akreditasi pada Januari mendatang. Persiapan sudah harus memenuhi standar tipe C. Saat ini semakin banyak masyarakat mengakses pelayanan di RS provinsi. Setiap hari sekitar 100 pasien lebih dari poli hingga IGD,” kata Arnoldus, belum lama ini.

    Sementara, untuk rawat inap dalam satu bulan ada sekitar 50 persen dari fasilitas tempat tidur yang tersedia. RSUD Papua Barat punya fasilitas tempat tidur siap pakai saat ini sekitar 120.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Sebut Rotasi Jabatan Hal Wajar

    RSUD Papua Barat kini juga tengah didorong memiliki kelengkapan fasilitas rujukan jantung, hipertensi, ginjal, dan kanker. “Empat itu dipersiapkan dan akan mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan melalui dana alokasi khusus. Kita sudah mulai masukkan rencana kebutuhan. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa terisi,” beber Arnoldus.

    Baca juga:  Lampaui Target, 600 Warga Berhasil Divaksin di Kantor Kejati Papua Barat

    Arnoldus menjelaskan, SDM RSUD Papua Barat berjumlah 450 orang, terdiri atas tenaga kesehatan (nakes) sekitar 200-300 orang dan sisanya non nakes. Untuk dokter umum ada 20 orang.

    Dia mengungkapkan, saat ini RSUD Papua Barat sudah mendekati ideal hanya membutuhkan fasilitas tambahan untuk menjadi RS unggulan rujukan. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...