26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Dukung Pertumbuhan UMKM, BI-Pemprov Papua Barat Luncurkan Program Kasuari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menyelenggarakan program Kurasi, pelatihan dan peningkatan kapasitas UMKM Berdikari (Kasuari) terhadap UMKM di Papua Barat. Peluncurannya berlangsung, Rabu (15/6/2022).

    Ini sebagai dukungan terhadap kegiatan GBBI yang secara terpusat akan dilaksanakan Kementerian Perindustrian RI (movement manager) di Provinsi Lampung dengan tema Lagawi Fest–Satu Bumi Juta Karya.

    Program ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas, kelembagaan, serta akses pembiayaan bagi UMKM yang menjadi binaan atau mitra instansi, K/L, BUMN, dan BUMD terkait di Papua Barat. Adapun materi pelatihan UMKM terkait aspek produksi, kelembagaan, keuangan, pemasaran, dan lainnya.

    Baca juga:  Soal Dana Desa Kampung Smainggei Diduga 'Disunat', DPMK PB akan Ikut Selidiki

    Kepala BI Perwakilan Papua Barat diwakili Deputi BI Perwakilan Papua Barat, Eko Listiyono, mengatakan pelatihan UMKM akan dilakukan secara daring atau online oleh narasumber yang kompeten dalam penguatan aspek kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas, maupun aspek pembiayaan.

    “Melalui sinergi program dengan berbagai instansi terkait di Papua Barat, kami berharap dapat menjadikan UMKM Papua Barat naik kelas dan menjadi tuan rumah di tanah sendiri,” tutur Eko.

    Sementara, Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa, menyambut baik program sinergi ini. “Kami sangat mendukung pelaksanaan rangkaian kegiatan program Kasuari UMKM Papua Barat 2022 karena inisiasi Bank Indonesia yang mengajak instansi dan K/L lainnya dalam pengembangan UMKM di Papua Barat. Nantinya, kegiatan ini juga turut mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif serta efisien melalui peningkatan pengguna QRIS sebagai salah satu metode pembayaran,” bebernya.

    Baca juga:  TP PKK Papua Barat Ajak Masyarakat Persiapkan Masa Depan Anak sejak Dalam Kandungan

    Tahap pertama program Kasuari dimulai dengan proses kurasi terhadap 242 UMKM yang berasal dari seluruh Papua Barat. Adapun 68 UMKM mengikuti proses kurasi secara luring atau offline dan sisanya sebanyak 174 UMKM akan mengikuti kurasi secara daring.

    Tiap UMKM yang dikurasi diberikan kesempatan untuk menyampaikan produk unggulannya serta potensi dan tantangan mereka dalam menjalankan usaha. Secara khusus, tiap tim kurator terdiri atas beberapa pemangku kepentingan atau stakeholder, antara lain dari BI, Dinas Koperasi dan UMKM, Dekranasda, dan Universitas Papua. UMKM yang lolos kurasi akan difasilitasi dengan kegiatan pelatihan komprehensif pada Juli hingga Oktober 2022.

    Baca juga:  Soal Tambang Emas Ilegal di Manokwari, Pemprov-Pemkab Harus Duduk Bersama

    Menyemarakkan peluncuran Kasuari UMKM Papua Barat, Kantor Perwakilan BI Papua Barat dan Pemprov Papua Barat menyelenggarakan bazar UMKM dengan tema Cultural Exhibition yang diselenggarakan 9-19 Juni 2022 di Manokwari City Mall. Pameran ini diikuti 29 UMKM yang telah terhubung dengan kanal pembayaran QRIS dan menempati 22 booth. (LP3/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...

    Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    JAKARTA, linkpapua.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah untuk Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda...

    KPU Gelar Rapat, Bahas Tahapan Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- KPU Papua Barat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komisioner KPU kabupaten se-Papua Barat...