27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Disdik Papua Barat Akan Bangun SLB di Tiga Lokasi

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua Barat pada 2023 ini berencana membangun tiga sekolah luar biasa (SLB) di tiga lokasi, yakni di Kabupaten Manokwari Selata, Kaimana, dan Fakfak.

    Kepala Disdik Papua Barat, Barnabas Dowansiba, kepada wartawan mengatakan saat ini masyarakat sudah menunjukkan tempatnya untuk dilakukan pembangunan.

    “Tahun kemarin itu kita ada bangun satu di Manokwari Selatan, kita masukkan juga untuk Fakfak dan Kaimana. Papua Barat baru satu di Manokwari (Panca Kasih),” kata Barnabas, Selasa (24/1/2023).

    Baca juga:  Pegawai Pemprov PB Wajib Vaksinasi, Lapor Status Paling Lambat 31 Januari

    Selain membangun SLB, Disdik Papua Barat juga menyekolahkan sejumlah guru SLB keluar daerah.

    “Kita tahun ini juga ada sekolahkan guru-guru untuk SLB ke Jogja dan sudah koordinasi dengan Gubernur (Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw). Hampir sekitar 50 guru,” jelasnya.

    Baca juga:  Plt di Pemprov PB Jabat Lebihi Batas Waktu, Ombudsman: Menabrak Aturan

    Selain guru-guru untuk SLB, Disdik Papua Barat juga mengirim guru-guru khusus olahraga.

    Jika sekolah sudah berjalan, maka Disdik Papua Barat akan meminta agar ada pembukaan lowongan untuk Aparatus Sipil Negara (ASN).

    Soal operasional SLB di Manokwari Selatan, Barnabas mengaku akan berkoordinasi dengan SLB Panca Kasih. Saat ini, kata dia, pihaknya masih mempersiapkan sumber daya manusia (SDM).

    Baca juga:  Plt Sekda PB Respons Bawaslu Soal ASN tak Netral: Kita akan Selidiki

    Selain itu, Disdik Papua Barat juga akan membuka sekolah menengah atas (SMA) khusus keguruan di Soribo, Manokwari. Hal ini juga sudah mendapatkan persetujuan.

    “Penggusuran sudah jalan. Itu tanahnya dari Pemda (Pemerintah Kabupaten) Manokwari tiga hektare. Kita harap orang Papua bisa sekolah ke situ. Setelah selesai disitu melanjutkan S1 pendidikan,” paparnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...