27.6 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.6 C
Manokwari
More

    Dukung Pemekaran DOB, BMP2I Papua Barat: Idealnya Papua Punya Tujuh Provinsi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Barisan Masyarakat Pengembangan Peningkatan Pembangunan Indonesia (BMP21) Papua Barat mendukung penuh pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) provinsi dan kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat.

    Sekretaris Umum DPW BMP21 Papua Barat, Markus Fatem, menjelaskan bahwa pihaknya mendukung pemerintah pusat untuk pemekaran di Papua dan Papua Barat demi kemajuan orang asli papua (OAP) di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, pemekaran sangat baik sesuai prinsip hukum hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

    Baca juga:  Jaringan Damai Papua Minta Jokowi Hentikan Operasi Militer Pasca Pembunuhan 4 Prajurit TNI

    “Itu sebuah kebijakan dalam menghormati hak asasi manusia Papua di tanah Papua,” kata Markus dalam keterangan pers yang diterima Linkpapua.com, Jumat (8/7/2022).

    Ia pun menyambut baik pengesahan rancangan undang-undang (RUU) menjadi undang-undang tentang pemekaran Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Pegunungan Tengah oleh DPR RI pada 30 Juni 2022 lalu.

    “Idealnya Papua dibagi menjadi tujuh provinsi lagi. Kan, sudah ada saat ini ada lima provinsi, yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Nah, tersisanya, yakni Provinsi Papua Utara dan Provinsi Papua Barat Daya,” ucapnya.

    Baca juga:  BMP2I Papua Barat Dukung Hendrikus Fatem Jadi Penjabat Bupati Maybrat

    Markus pun meminta Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, untuk memperjuangkan aspirasi pimpinan daerah dan masyarakat Papua Barat untuk pemekaran DOB 2 provinsi dan 7 kabupaten/kota di Papua Barat.

    Baca juga:  Nilai Pemekaran DOB Berdampak ke Hutan, Markus Fatem Harap Masyarakat Adat Tak Jual Tanah Sembarang

    “Intinya kami dukung rencana pemekaran DOB 2 provinsi dan 7 kabupaten/kota di Papua Barat,” ujarnya.

    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua Barat dan pemimpin daerah bupati/wali kota, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan mahasiswa di Papua Barat mendorong pemekaran DOB 2 provinsi dan 7 kabupaten/kota di Papua Barat, yaitu Kota Madya Manokwari, Kota Madya Fakfak, Kabupaten Manokwari Barat, Kabupaten Maybrat Sau, Kabupaten Kokas, Kabupaten Kaimana Timur, dan Kabupaten Kuri Wamesa. (LP2/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...