25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Dua Warga Teluk Bintuni Sukarela Serahkan Senpi Rakitan-Amunisi ke Polisi

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Dua warga Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Ponti Dowansiba dan Yusuf Hengki Tubes, menyerahkan dua senjata api (senpi) rakitan beserta amunisi secara sukarela kepada pihak kepolisian.

    Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Choiruddin Wachid, yang menerima langsung senpi beserta amunisinya itu di Aula Adrianto Ananta, Polres Teluk Bintuni, Selasa (4/5/2024), disaksikan Ketua LMA 7 Suku Teluk Bintuni, Marten Wersin.

    AKBP Choiruddin menjelaskan Ponti menyerahkan senjata api rakitan jenis SS1 beserta 10 butir amunisi kaliber 5,6 mm. Sementara, Yusuf menyerahkan senjata api rakitan M16 beserta 1 butir amunisi kaliber 5,6 mm.

    Baca juga:  Jelang Kedatangan Presiden Jokowi di Bintuni, TNI-Polri Kerahkan 600 Personel

    Dia menegaskan penyerahan ini merupakan hasil kerja sama antara pihak kepolisian dan Ketua LMA 7 Suku yang selalu menyosialisasikan kepada masyarakat agar sukarela menyerahkan senpi organik maupun rakitan yang masih dimiliki.

    “Masyarakat yang masih menyimpan senjata api bisa menyerahkan kepada saya langsung selaku Kapolres Teluk Bintuni atau bisa menghubungi orang tua kami dari LMA 7 Suku. Itu semua agar menjaga situasi kamtibnas di Teluk Bintuni. Kami akan turun langsung ke masyarakat untuk mengambilnya,” ujarnya.

    Baca juga:  Polres Bintuni Kunjungi Masyarakat Kampung Taniba, Dengarkan Curhat-Berikan Tali Asih

    AKBP Choiruddin menekankan pihak kepolisian menjamin keamanan 100 persen kepada masyarakat yang sukarela menyerahkan senpi rakitan dan tidak akan diproses secara hukum.

    “Kami apresiasi dengan sangat tinggi, namun jika kami dari pihak kepolisian melakukan upaya penangkapan secara paksa, itu ada ancaman deliknya atas kepemilikan senjata api ilegal,” tegasnya.

    Baca juga:  PKS Papua Barat Gelar Rakor Rekrutmen Caleg untuk Pemilu 2024

    Ponti, salah satu warga yang menyerahkan senpi, menjelaskan bahwa senpi beserta amunisi tersebut adalah milik orang tuanya yang sudah meninggal.

    “Karena ada di rumah, akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi Ketua LMA 7 Suku agar berkomunikasi kepada Kapolres Teluk Bintuni. Saya akan menyerahkan senjata api peninggalan orang tua secara sukarela,” ungkapnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...