24.2 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.2 C
Manokwari
More

    Dominggus Minta Bank Permudah Kredit Petani Rumput Laut Wondama

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meminta perbankan memberi kemudahan bagi petani rumput laut di Teluk Wondama mengakses kredit sebagai modal usaha.

    “Berikan asistensi serta kemudahan modal bagi mereka agar usaha mereka berkembang,” kata Gubernur, Senin (2/11).

    Dia menjelaskan bahwa rumput laut masuk dalam grand desain investasi hijau serta peta jalan pengembangan komoditas nondeforestasi di Papua Barat.

    Baca juga:  Kunjungan Perdana ke Dekranasda, Siti Mardiana Minta Dukungan Pengurus

    Budidaya rumput laut terbukti mampu menggerakan ekonomi masyarakat kampung di tiga distrik/kecamatan Teluk Wondama. Beberapa waktu lalu, rumput laut produksi petani asli Papua di kabupaten tersebut telah dikirim ke Surabaya.

    “Instansi terkait di provinsi dan Kabupaten Teluk Wondama juga harus memberi perhatian yang lebih besar untuk masyarakat asli Papua yang saat ini melakukan budidaya rumput laut. Pasar sudah terbuka tinggal petani yang harus kita persiapkan,” ucap dia lagi.

    Baca juga:  Kantor Imigrasi Manokwari Mulai Pelayanan Paspor Elektronik

    Gubernur juga menginginkan satuan tugas komoditas unggulan Papua Barat segera dibentuk. Seluruh pemangku kepentingan dari hulu hingga hilir agar terlibat termasuk mitra pengembangan ekonomi hijau.

    “Lalu disusun rencana induk pengembangan komoditas unggulan dan juga rencana usahanya supaya terarah serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat,” sebut Mandacan.

    Baca juga:  Pimpin Ziarah ke TMP Trikora, Pangdam Kasuari Kenang Peristiwa Ambarawa 1945

    Menurut dia petani rumput laut di Teluk Wondama masih membutuhkan banyak perhatian. Kapasitas petani harus ditingkatkan untuk memacu volume serta kualitas produksi.

    Semua pihak diharapkan terlibat dalam menciptakan iklim usaha agar budidaya dan pertumbuhan industri rumput laut masyarakat pesisir Teluk Wondama berkembang. (LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...