28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Dominggus Mandacan: Kain Timur Menyatukan Papua-Flobamora

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekretariat Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Papua Barat, Selasa (21/12/2021). Gubernur menyebut sekretariat ini bukti ikatan Papua-Flobamora yang terjaga dari dulu.

    Dominggus Mandacan mengatakan keluarga Flobamora dan suku-suku yang berada di Tanah Papua memiliki sejarah karena disatukan dengan kain timur.

    “Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat punya hubungan emosional sejak moyang dulu sehingga kain timur tidak lepas dengan budaya kita. Sehingga kain timur menyatukan kita. Untuk itu kita sebagai anak-anak wajib melanjutkan hubungan kekeluargaan yang sudah ada,” ujar Dominggus.

    Peletakan batu pertama sekretariat ini juga dihadiri Bupati Manokwari Hermus Indou dan jajaran forkopimda.

    Baca juga:  Perayaan Natal Nasional Partai NasDem di Papua Hadirkan Anies Baswedan

    Menurut Dominggus, Pemerintah Papua Barat sangat mendukung keberadaan ikatan-ikatan keluarga berbasis etnis di Papua Barat. Sebagai bukti bahwa Papua Barat adalah rumah bagi siapa saja.

    “Karena itu pembangunan sekretariat ini punya arti penting. Kelak jika telah rampung, eksistensinya harus dijaga dan dirawat bersama,” pintanya.

    Dominggus juga mengatakan, selama ini keluarga Flobamora berkontribusi besar di Papua Barat. Keluarga Flabomora menjadi bagian dari dinamika perubahan yang ada.

    “Mari kita menjaga keberagaman ini agar memberi manfaat bagi daerah. Kita bangun Papua Barat bersama,” tutup Dominggus.

    Ketua IKF Papua Barat Clinton Tallo menyampaikan, sekretariat yang dibangun di atas tanah seluas 1.500 meter persegi tersebut memiliki sejumlah fungsi. Mulai dari kegiatan adat maupun jadi tempat transit warga Flobamora yang akan berpergian.

    Baca juga:  Dominggus Akui Peran Besar Suku Byak Bangun Papua Barat

    “Sekretariat ini bisa jadi tempat transit warga Flobamora yang mungkin akan berangkat melalui Manokwari. Termasuk jug ada anggota keluarga Flobamora yang meninggal bisa juga disemayamkan ataupun kegiatan-kegiatan Flobamora. Ini merupakan penantian kita untuk memiliki sekretariat sendiri,” katanya.

    Karena itu Clinton mengajak seluruh warga Flobamora untuk ikut menjaga dan berkontribusi terhadap sekretariat ini. Pembangunan sekretariat ini juga mendapat dukungan dari pemda.

    Bupati Manokwari Hermus Indou mengungkapkan pembangunan sekretariat Flobamora sebagai bukti eksistensi Flobamora di Manokwari.

    Baca juga:  Sempat Vakum Imbas Pandemi, Ikatan Keluarga Besar Biak Utara Gelar Ibadah Syukuran

    “Pemkab Manokwari memberikan dukungan terhadap pembangunan sekretariat Ikatan Keluarga Flobamora. Ini sudah menjadi kewajiban masing-masing suku untuk eksis dan melestarikan budayanya karena itu merupakan kekayaan yang diberikan oleh Tuhan,” sebutnya.

    Menurut Hermus, dengan adanya kerukunan-kerukunan maka bisa diketahui siapa yang menjadi pemimpin dari kerukunan di Manokwari. Ini akan memudahkan pemerintah dalam mengajak suku suku untuk ikut menjaga Manokwari sebagai tanah damai.

    Dalam kesempatan tersebut, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat juga memberikan bantuan untuk keberlanjutan pembangunan sekretariat IKF Papua Barat. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...